Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuartal II-2021, Neraca Pembayaran RI Defisit 400 Juta Dollar AS

“NPI pada triwulan II 2021 mengalami defisit rendah sebesar 0,4 miliar dollar AS, ditopang oleh defisit transaksi berjalan yang tetap rendah dan surplus transaksi modal dan finansial yang berlanjut,” tutur Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam keterangannya, Jumat (20/8/2021).

Pada saat bersamaan, BI juga mencatat, defisit transaksi berjalan periode April-Juni 2021 melebar dibanding kuartal sebelumnya.

Erwin menyebutkan, defisit transaksi berjalan pada kuartal II-2021 sebesar 2,2 miliar dollar AS setara 0,8 persen dari PDB, meningkat dibandingkan dengan defisit sebesar 1,1 miliar dollar AS setara 0,4 persen dari PDB pada triwulan sebelumnya.

Perkembangan tersebut selaras dengan peningkatan surplus neraca barang, didukung oleh kenaikan ekspor karena meningkatnya permintaan negara mitra dagang utama dan harga komoditas dunia, diiringi kenaikan impor karena berlanjutnya perbaikan ekonomi domestik. 

“Sementara itu, defisit neraca pendapatan primer terpantau meningkat karena kenaikan pembayaran imbal hasil investasi berupa dividen, seiring perbaikan kinerja korporasi pada periode laporan,” ujar Erwin.

Selain itu, defisit neraca jasa juga meningkat, disebabkan oleh defisit jasa transportasi yang melebar akibat peningkatan pembayaran jasa freight impor barang.

Sementara itu, surplus transaksi modal dan finansial pada kuartal kedua 2021 tercatat 1,9 persen miliar atau setara 0,7 persen PDB, menurun dari surplus kuartal pertama 2021 yang mencapai 5,5 miliar dollar AS atau setara 2,0 persen PDB. 

Penurunan surplus neraca transaksi modal dan finansial ini disebabkan oleh penurunan aliran investasi portofolio.

Net inflow investasi portofolio tercatat 4,4 miliar dollar AS, atau turun dari 4,9 miliar dollar AS pada kuartal sebelumnya. 

“Ini sejalan dengan ketidakpastian pasar keuangan global yang masih berlangsung,” ucap Erwin.

https://money.kompas.com/read/2021/08/20/154051126/kuartal-ii-2021-neraca-pembayaran-ri-defisit-400-juta-dollar-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke