Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bio Farma Gandeng Google dalam Rangka Transformasi Digital

Melalui kerja sama ini, Google Cloud Indonesia akan menyediakan layanan untuk mendukung transformasi digital Bio Farma, dan memberikan solusi layanan mencakup, big data analytics, artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML), modernisasi aplikasi, hingga manajemen keamanan dan identitas dan modernisasi infrastruktur.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kerja sama tersebut sejalan dengan agenda transformasi digital di sektor kesehatan.

"Dengan adanya kolaborasi antara Google Cloud dan Bio Farma ini akan mempercepat revolusi pengembangan vaksin sehingga membantu Pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan, dalam menyukseskan program vaksinasi nasional agar dapat mencapai target vaksinasi lebih cepat," ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Sabtu (21/8/2021).

Sementara itu, Direktur Transformasi dan Digital Health Care Bio Farma Soleh Ayubi menyebutkan, Bio Farma siap untuk menggunakan Healthcare Related Products yang disediakan oleh Google Cloud yang mencakup pertukaran data perawatan kesehatan.

Saat ini induk holding farmasi BUMN itu sedang dalam proses implementasi teknologi Artificial Intelligence dan Machine Learning untuk penentuan masa panen virus dan bakteri yang optimal. Sebagai Pilot Project, akan diimplementasikan pada vaksin polio, vaksin tetanus, dan vaksin Covid-19 BUMN.

Soleh mengakui, dalam dunia kefarmasian, penemuan produk baru bidang kesehatan seperti produk life-science termasuk vaksin didalamnya, obat - obat dan alat kesehatan, memerlukan waktu yang relatif lama, terutama pada tahap uji klinis dan memerlukan waktu pengumpulan data - data empiris untuk penelitian yang harus dilakukan secara teliti.

"Dengan pemanfaatan teknologi informasi melalui kolaborasi dengan Google Cloud akan mempermudah Bio Farma untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti uji klinis, dan data penelitian" ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2021/08/21/190003926/bio-farma-gandeng-google-dalam-rangka-transformasi-digital

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke