Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jaga Pasokan Air, Petani Bali Manfaatkan Program RJIT Kementan

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menekankan pentingnya manajemen air guna mendukung produktivitas petani.

Menurutnya, aktivitas pertanian menyaratkan pasokan air yang selalu tersedia. Oleh karenanya, dia menilai manajemen air menjadi sangat penting untuk selalu diperhatikan.

"Kementerian Pertanian (Kementan) memiliki sejumlah kegiatan guna mendukung manajemen air, salah satunya program Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT)," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (23/8/2021).

Menimbang manfaat tersebut, petani organik di Bali juga mulai memanfaatkan program RJIT Kementan agar pasokan air air bagi tanaman dan lahan pertanian terjamin.

Direktur Irigasi Pertanian Rahmanto pun berharap, masyarakat dapat memanfaatkan program RJIT dengan baik.

Tak hanya untuk tanaman pangan, RJIT ini juga bisa dimanfaatkan untuk sektor perkebunan, peternakan, dan kebutuhan masyarakat lainnya.

Program RJIT bisa pula meningkatkan luas areal tanam dan indeks pertanaman, termasuk meningkatkan partisipasi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), baik itu kelompok tani (poktan) atau gabungan poktan dalam pengelolaan jaringan irigasi.

“Kami akan terus memprogramkan RJIT ini karena merupakan kebutuhan mendasar bagi petani dalam berproduksi dan meningkatkan produktivitasnya," katanya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil menambahkan, pengelolaan air irigasi harus dilakukan dari hulu sampai ke hilir.

Sebab, lanjutnya, tak berfungsinya atau rusaknya salah satu bangunan irigasi akan mempengaruhi kinerja sistem irigasi.

“Akibatnya, efisiensi dan efektivitas irigasi akan berkurang. Dengan begitu, produktivitas juga akan terganggu. Di sinilah pentingnya water management,” ucap Ali.

Lewat RJIT, Ali menyebutkan, Direktorat Jenderal (Ditjen) PSP Kementan ingin meningkatkan kondisi infrastruktur jaringan, sehingga mampu meningkatkan fungsi layanan irigasi.

“Perlu ditata airnya, misalnya di mana sekundernya, di mana primernya, di mana tersiernya, di mana kuarternya, di mana irigasi cacing yang ada sehingga bisa tiga kali (panen),” jelasnya.

https://money.kompas.com/read/2021/08/23/183417826/jaga-pasokan-air-petani-bali-manfaatkan-program-rjit-kementan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke