BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan J&T Express
Salin Artikel

Jawab Kebutuhan Konsumen, J&T Group Resmi Hadirkan Layanan Kargo

JAKARTA, KOMPAS.com – J&T Group, perusahaan yang menaungi J&T Express, secara resmi meluncurkan layanan J&T Cargo, Jumat (20/8/2021).

Peluncuran tersebut melengkapi layanan J&T Express yang telah hadir selama 6 tahun di Indonesia dan sudah melebarkan sayap bisnis di tujuh negara Asia, yakni Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, Kamboja, Singapura, dan China.

Peluncuran J&T Cargo juga didasari peningkatan permintaan pengiriman barang akibat pertumbuhan transaksi pada sektor e-commerce selama pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan (Kemenkeu) 2020, transaksi melalui e-commerce mengalami peningkatan hingga 18,1 persen atau setara dengan 98,3 juta transaksi. Total peningkatan nilai transaksinya sendiri mencapai 9,9 persen atau Rp 20,7 triliun.

Chief Executive Officer (CEO) J&T Express Robin Lo mengatakan, kehadiran layanan kargo menjadi solusi untuk melayani pengiriman paket dengan berat dan volume yang besar di seluruh wilayah Indonesia.

“Sebelumnya, kami sebagai mitra e-commerce hanya menjangkau barang dengan ukuran kecil hingga sedang sehingga kami belum bisa memenuhi semua permintaan pelanggan. Oleh karena itu, kami mengembangkan sayap dengan menghadirkan J&T Cargo,” kata Robin dalam konferensi pers J&T Cargo.

Robin menambahkan, kehadiran J&T Cargo juga menjadi jawaban atas minimnya ketersediaan layanan kargo yang menjangkau hingga seluruh wilayah Indonesia.

Layanan itu juga menjadi solusi bagi konsumen yang membeli produk bervolume besar, seperti lemari, meja, sepeda, hingga motor, melalui platform e-commerce.

Untuk itu, Chief Executive Office (CEO) J&T Cargo Jonathan Zhong memastikan, layanan kargo yang diusung J&T Group akan berperan sebagai pengiriman yang inovatif.

“Dengan tagline bertajuk ‘Paket Besar Cari J&T Cargo’, layanan kargo kami memudahkan pelanggan yang hendak mengirim paket besar dengan service level agreement (SLA) yang efisien dan tepat waktu dengan estimasi pengiriman 1-3 hari,” kata Jonathan pada konferensi pers yang sama.

Jonathan melanjutkan, layanan jasa pengiriman kargo tersebut juga menawarkan layanan fast track. Layanan ini dapat menjadi pilihan bagi pelanggan yang membutuhkan waktu cepat dalam pengiriman barang.

Adapun fast track merupakan layanan pertama yang tersedia di J&T Cargo dengan minimum pengiriman 10 kilogram (kg) dan maksimal 500 kg.

Usung smart logistic

Untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan, J&T Cargo mengedepankan smart logistic. Operasional layanan kargo tersebut didukung dengan aplikasi JFS Sistem yang mengerahkan 1.000 developer. Sistem ini mampu mengintegrasikan dan mengelola seluruh paket secara online dan real-time.

“J&T Cargo juga memiliki layanan full tracking system. Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat mengecek keberadaan paket secara real-time,” kata Jonathan.

Ia melanjutkan, keunggulan lain dari jasa pengiriman kargo tersebut adalah proses order yang mudah. Konsumen dapat melakukan order melalui aplikasi, website, dan hotline. Tidak hanya itu, J&T Cargo juga melayani order melalui kanal offline.

Jamin keamanan paket

Lebih lanjut Jonathan menjelaskan, J&T Cargo mengedepankan keamanan paket pelanggan dengan menghadirkan layanan garansi paket. Garansi ini dapat diklaim ketika paket yang diterima rusak ataupun hilang.

Jonathan mengatakan, layanan kargo tersebut juga memiliki kelebihan lain, yakni tim call center yang responsif selama 24 jam. Pengguna cukup melakukan panggilan selama 5 menit dan permasalahan akan beres dalam 30 menit.

Selain itu, layanan kargo dari grup pengiriman terkemuka di Indonesia itu juga menyediakan layanan warehouse untuk pelanggan very important person (VIP). Layanan warehouse ini dapat digunakan untuk menitipkan barang sebelum dikirim menggunakan J&T Cargo.

“J&T Cargo merupakan layanan kargo yang praktis dan up to date. Dengan kelebihan ini, kami akan menjadi layanan pilihan masyarakat saat mengirimkan paket dengan volume yang besar dan berat. Sebagai bisnis buyer to buyer (B2B), kami juga menerima mitra yang ingin bergabung bersama kami,” papar Jonathan.

https://money.kompas.com/read/2021/08/24/080400226/jawab-kebutuhan-konsumen-j-t-group-resmi-hadirkan-layanan-kargo

Bagikan artikel ini melalui
Oke