Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Mencapai Financial Freedom? Ini Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan

Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia Meta Lakhsmi Permata Dewi mengatakan, melalui perencanaan keuangan yang tepat dengan melakukan adaptasi terhadap kebutuhan dan situasi yang dialami, Anda akan lebih mudah dalam mencapai financial freedom.

“Pertama yang kita butuhkan adalah perencanaan keuangan. Di sini kita harus dapat beradaptasi dengan situasi dan kebutuhan yang cenderung berubah dari waktu ke waktu. Disamping itu, perlu juga perlindungan asuransi, untuk mencapai financial freedom sesuai rencana,” jelas Meta melalui siaran pers, Selasa (24/8/2021).

Meta mengatakan, dengan cara tersebut, Anda bisa memperkuat pondasi untuk mendorong tercapainya perencanaan keuangan di masa depan. Dia mengungkapkan, untuk membuat perencanaan keuangan yang bersifat adaptif, tentu perlu juga untuk melakukan evaluasi minimal satu kali setiap tahun.

“Siklus perencanan keuangan terdiri dari penentuan tujuan perencanaan, mengevaluasi kondisi terkini, termasuk apa saja kebutuhan dan situasi yang dihadapi. Kemudian, membuat perencanaan keuangan, mengimplementasikan perencanaan keuangan dan mengevaluasi perencanaan sesuai dengan jangka waktu tertentu,” ungkap Meta.

Untuk mencapai financial freedom, perlu melalui tahapan piramida, di mana tahapan paling penting dari bawah adalah perlunya memenuhi kebutuhan dasar, perlindungan atau proteksi dan memiliki dana darurat. Selanjutnya, baru dapat naik ke tahap berikutnya untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan, pensiunan dan warisan.

Apabila kedua tahap telah terpenuhi. maka seseorang dapat melakukan investasi. Menurut Meta, urutan untuk mencapai kebebasan finansial sebagai berikut:


1. Financial stability

Melalui kondisi keuangan yang stabil, minimal bisa memenuhi kebutuhan dasar, serta terbebas dari utang dan memiliki dana darurat yang jumlahnya sekitar 3-6 bulan penghasilan. Jika poin pertama ini dapat dipenuhi, maka Anda bisa memulai untuk melakukan investasi.

2. Financial Independency

Tahap kedua ini, adalah Anda perlu melihat kondisi finansial Anda dan ketercukupan dana untuk memulai investasi. Tentunya, investasi tidak boleh dilakukan dengan hot money atau uang yang dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti uang sekolah, uang belanja, dan sebagainya.

“Di tahap ini, Anda mulai melihat dana yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan lain, seperti dana pensiun dan dana untuk warisan,” ujar dia.

3. Financial freedom

Di tahap ini, Anda tidak perlu memikirkan akan mendapatkan uang dari mana ketika Anda membutuhkan sesuatu. Disamping itu, pada tahap ini, Anda juga tidak perlu berhutang untuk mencukupi kebutuhan Anda.

“Financial freedom merupakan tahap dimana ketika seseorang mengingin sesuatu dan sudah tidak perlu memikirkan darimana mendapatkan uangnya, sehingga dapat memiliki keinginan tersebut tanpa harus berhutang,” jelas dia.

Meta bilang, apabila sudah membangun pondasi kokoh dari piramida tersebut, sudah menentukan tujuan, jangka waktu dan profil risiko dalam melakukan investasi, maka kita harus melengkapi perlindungan perencanaan keuangan, yang salah satunya dapat diperoleh dari produk asuransi.

“Yang paling penting adalah lakukan sekarang untuk mencapai financial freedom. Oleh karena itu, selalu lakukan review perlindungan asuransi yang dimiliki dan kiat mencapai financial freedom sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” kata Meta.

https://money.kompas.com/read/2021/08/25/073402426/ingin-mencapai-financial-freedom-ini-langkah-langkah-yang-perlu-dilakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke