Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Incar 1 Juta Mitra Petani dan UMKM, Ini Strategi TaniFund

Chief Strategy Officer TaniHub Group Natalia Rialucky Marsudi mengatakan, seiring dengan mendapatkan izin operasi dari otoritas keuangan, TaniFund menargetkan bisa mencapai 1 juta mitra petani dan UMKM dalam menyediakan akses permodalan.

"Kami memang sudah menjangkau 4.000 petani yang telah dibantu, dengan adanya izin OJK ini kami ingin merambah 1 juta petani yang dibantu akses pembiayaannya," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (25/8/2021).

Selain itu, TaniFund juga menargetkan bisa menyalurkan pendanaan baru sebesar Rp 700 miliar dalam beberapa tahun ke depan.

Untuk mencapai target-target tersebut, kata Natalia, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi. Pertama, TaniFund akan mendorong pengembangan teknologi untuk lebih banyak menjangkau mitra petani secara online atau daring.

"Dengan digital experience kami ingin lebih membangun sistem ekonomi petani, supaya kami bisa scale up lebih cepat dibandingkan saat dengan sistem offline," kata dia.

Kedua, TaniFund akan memperbanyak kerja sama atau strategic partnership dengan beragam lembaga, mulai dari lembaga keuangan, lembaga fintech lainnya, serta lembaga-lembaga yang berkaitan dengan sektor agrikultur, baik itu swasta, BUMN, atau BUMD.

Ia meyakini, dengan semakin memperluas kerja sama maka akan meningkatkan peforma petani, baik dari segi pendanaan maupun pemasaran produk.

“Kami ingin sekali merangkul bersama agar bisa memberikan yang terbaik bagi petani kami. Kami mempelajari bahwa tidak mudah melakukan pembiayaan untuk sektor pertanian, dan tidak mudah untuk benar-benar membangun performa yang baik ke petani. Maka ini adalah caranya,” ungkap Natalia.

Strategi ketiga yakni dengan melakukan inovasi produk. Produk teranyar adalah pembiayaan bagi petani dengan pecahan nilai lebih kecil Rp 3 juta-Rp 10 juta, dari sebelumnya standar pinjaman rata-rata mulai dari ratusan juta hingga miliaran.

Seiring dengan target meningkatkan jumlah mitra, TaniFund juga akan memperluas ekspansinya ke luar Pulau Jawa dan Bali. Utamanya menyasar ke daerah Indonesia bagian timur dan barat.

Natalia menambahkan, TaniFund turut memperkuat monitoring melalui advanced internal credit scoring. Hal ini untuk memberikan kepastian transparansi informasi kepada pendana atau lender untuk bisa membuat keputusan investasi dengan tepat.

“Harapan kami, TaniFund bisa lebih luas lagi menciptakan dampak sosial dengan memberikan akses inklusi keuangan dan permodalan bagi petani serta pengusaha UMKM lokal melalui ekosistem kami,” pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2021/08/26/052234426/incar-1-juta-mitra-petani-dan-umkm-ini-strategi-tanifund

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke