Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa yang Dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi?

KOMPAS.com - Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi? Pertanyaan tersebut cukup sering muncul dalam soal ujian mata pelajaran ekonomi dasar di tingkat sekolah menengah.

Dikutip dari Market Business News, apa yang dimaksud kegiatan ekonomi adalah segala aktivitas memproduksi, menyediakan, membeli, dan menjual barang atau jasa. Setiap tindakan dari aktivitas tersebut disebut dengan kegiatan ekonomi.

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi juga bisa berarti semua aktivitas yang melibatkan pertukaran yang atau pertukaran produk dan jasa. Misalnya seseorang yang menjalankan bisnis kecil dengan berdagang atau memproduksi barang.

Karyawan yang bekerja di pabrik dan kemudian menerima upah juga disebut sebagai aktivitas ekonomi. Pabrik atau pemberi kerja kerja juga melakukan aktivitas ekonomi karena secara aktif membayar pekerja dan menjual barang yang diproduksi.

Seseorang yang membeli barang kemudian mengonsumsinya juga disebut dengan aktivitas ekonomi, seperti membeli makanan, membeli baju, membeli tempat tinggal, dan sebagainya.

Sederhananya, apa yang dimaksud kegiatan ekonomi yakni segala perilaku dan tindakan amnusia yang bertujuan guna memenuhi kebutuhan hidupnya yang dilanskan pada prinsip-prinsip ekonomi.

Prinsip kegiatan ekonomi sendiri mencakup tiga hal yang meliputi:

https://money.kompas.com/read/2021/08/26/095010126/apa-yang-dimaksud-dengan-kegiatan-ekonomi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke