Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Saja Kemampuan Inovatif Seorang Wirausaha?

KOMPAS.com - Kemampuan inovatif seorang wirausaha merupakan pandai membaca peluang. Selain itu, kemampuan inovatif seorang wirausaha merupakan proses mengubah peluang suatu gagasan atau ide yang dapat dijual.

Dikutip dari Investopedia, wirausahawan atau yang orang yang melakukan wirausaha adalah individu yang bisa menciptakan bisnis sendiri, menanggung sebagian besar risiko dan juga menikmati keuntungan dari usaha yang dirintisnya.

Sedangkan kewirausahaan adalah proses mendirikan dan menjalankan bisnis atau usaha tersebut. Wirausahawan umumnya dipandang sebagai inovator.

Inovator sendiri tak berarti harus menemukan sesuatu yang baru. Melainkan bisa diartikan sebagai seseorang yang bisa memecahkan masalah, dalam hal ini masalah terkait bisnis.

Di banyak negara, wirausaha adalah aspek penting yang memainkan peran vital dalam ekonomi. Ini karena sektor swasta yang digerakan para pengusaha ini menjadi penyumbang ekonomi terbesar.

Di Indonesia sendiri, sektor kewirausahaan adalah banyak digeluti oleh para pelaku usaha kecil alias UMKM. Wirausahawan juga membantu pemerintah mengurangi jumlah pengangguran. Seorang pedagang kaki lima pun bisa disebut sebagai pelaku wirausaha.

Merujuk pada Kementerian Industri, Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Sebab, saat ini rasio wirausaha di dalam negeri masih sekitar 3,1 persen dari total populasi penduduk.

Meskipun rasio wirausaha di Indonesia sudah melampaui standar internasional, yakni sebesar 2 persen, Indonesa perlu menggenjot lagi untuk mengejar capaian negara tetangga.

Misalnya, Singapura saat ini sudah mencapai angka 7 persen, sedangkan Malaysia berada di level 5 persen. Apabila dihitung dengan populasi penduduk Indonesia sekitar 260 juta jiwa, jumlah wirausaha nasional mencapai 8,06 juta jiwa.

Simak artikel terkait kewirausahaan dalam tautan berikut ini.

https://money.kompas.com/read/2021/08/26/130254826/apa-saja-kemampuan-inovatif-seorang-wirausaha

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke