Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kredit Perbankan Tumbuh 0,5 Persen, Ini Pendorongnya

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan, sejak awal tahun hingga Juli 2021, perbankan telah mengucurkan kredit sebesar Rp 1.439 triliun.

Dalam periode yang sama, terdapat pelunasan dan pembayaran angsuran kredit termasuk dari beberapa debitur besar yang mencapai Rp 1.332 triliun.

“Sehingga secara statistik kredit perbankan pada Juli kembali berada di zona positif dan tumbuh sebesar 0,5 persen year on year (yoy),” kata Anto dalam keterangannya, Kamis (26/8/2021).

Pertumbuhan tersebut didorong oleh kredit konsumsi yang tumbuh 2,4 persen dan kredit segmen UMKM yang tumbuh 1,93 persen.

Selain itu, kredit ke sektor komoditas berorientasi ekspor mulai meningkat dan diperkirakan ke depan akan terus bertambah sejalan dengan peningkatan harga serta permintaan di Amerika Serikat dan China.

Sementara itu, dana pihak ketiga (DPK) masih mencatatkan pertumbuhan double digit sebesar 10,43 persen yoy.

“Dari sisi suku bunga, transmisi kebijakan penurunan suku bunga telah diteruskan pada penurunan suku bunga kredit ke level yang cukup kompetitif,” tutur Anto.

Adapun rasio kredit macet atau non performing loan (NPL) gross tercatat sebesar 3,35 persen dan NPL net 1,09 persen.

“OJK secara berkelanjutan melakukan asesmen terhadap sektor jasa keuangan dan perekonomian untuk menjaga momentum percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ucap Anto.

https://money.kompas.com/read/2021/08/26/161344626/kredit-perbankan-tumbuh-05-persen-ini-pendorongnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke