Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Begini Cara agar Insentif Kartu Prakerja Rp 600.000 Cepat Cair

Insentif itu bakal dicairkan bergulir oleh manajemen setelah kamu mencantumkan akun bank atau rekening e-wallet yang kamu punya.

Namun, insentif tidak cair begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu kamu ikuti untuk mencairkan Kartu Prakerja.

Berikut ini syaratnya:

1. Beli pelatihan

Sebelum cair, kamu harus mengikuti pelatihan pertama dari saldo Rp 1 juta yang sudah disediakan manajemen. Untuk itu, kamu harus segera membeli pelatihan sesuai keahlian yang ingin kamu pelajari.

Mengutip laman Prakerja, Selasa (31/8/2021), batas waktu pembelian pelatihan yang disediakan manajemen adalah 30 hari setelah peserta dinyatakan lolos seleksi Kartu Prakerja.

Biasanya, insentif akan diberikan setelah kamu menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat. Bila peserta mengikuti lebih dari satu pelatihan, maka insentif diberikan setelah menyelesaikan pelatihan pertama.

Batas waktu ini diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020. Jika tidak membeli pelatihan pada 30 hari pertama, maka status kepesertaanmu akan dicabut.

Dengan begitu, dana bantuan Rp 600.000 per bulan tak akan didapat. Peserta juga tidak dapat mengikuti kembali seleksi Kartu Prakerja ke depannya.

2. Sambungkan nomor rekening

Insentif juga bakal diberikan setelah peserta memberikan ulasan atau penilaian terhadap pelatihan yang kamu ikuti, begitu juga ketika kamu telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akunmu.

"Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi oleh bank/perusahaan e-money terkait," tulis keterangan laman Kartu Prakerja.

Nah, sebelum menyambung e-wallet, pastikan nomor rekening bank atau e-money atas nama kamu sendiri dan sesuai dengan yang terdaftar ketika kamu mendaftar Kartu Prakerja.

Jika memilih e-wallet, pastikan kamu memiliki e-wallet salah satu mitra Kartu Prakerja, yakni OVO, LinkAja, Gopay, dan Dana.

Pastikan pula nomor HP yang teregistrasi di Kartu Prakerja merupakan nomor telepon akun e-wallet kamu. Pastikan juga akun e-wallet sudah di-upgrade atau akun e-wallet yang KYC.


Setelah selesai memastikan hal tersebut, begini cara sambung rekening/e-wallet.

1. Login ke akun kamu di www.prakerja.go.id

2. Masuk ke dashboard akun kamu

3. Klik "sambungkan rekening" pada bagian rekening

4. Pilih bank atau e-wallet pilihanmu, lalu klik "sambungkan".

5. Jika kamu memilih nomor rekening bank, masukkan data rekeningmu berupa nama bank, nama pemilik, nomor rekening, dan cabang bank. Jika kamu memilih memilih e-wallet, pastikan nomor HP yang teregistrasi Kartu Prakerja merupakan nomor e-wallet.

6. Jika data yang dimasukkan sudah benar, klik "aktifkan" atau "konfirmasi".

7. Lalu, masukkan kode OTP yang telah dikirim via SMS ke nomor HP kamu.

https://money.kompas.com/read/2021/08/31/101000126/simak-begini-cara-agar-insentif-kartu-prakerja-rp-600.000-cepat-cair

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke