Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

September Ceria, KA Bandara Beroperasi Lagi hingga Kabar Terbaru Bandara Changi

Pada Rabu (1/9/2021) misalnya, kereta api (KA) bandara di Indonesia mulai kembali beroperasinya.

Kebijakan tersebut tak lepas dari kondisi pandemi Covid-19. Penurunan kasus penularan virus corona membuat mobilitas masyarakat lebih dilonggarkan, namun dengan ketentuan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Berikut ini beberapa kebijakan di sektor transportasi yang berlaku pada September 2021:

1. KA Bandara beroperasi lagi

PT Railink kembali mengoperasikan kereta api (KA) bandara yang terdiri dari KA Bandara Soekarno-Hatta dan KA Bandara Kualanamu Medan mulai 1 September 2021.

Kedua KA itu sempat diberhentikan sementara sepanjang 21 Juli-31 Agustus 2021 untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“KAI Bandara Railink telah berhenti operasi selama kurang lebih 1,5 bulan, dan mulai tanggal 1 September 2021 besok kami siap beroperasional kembali,” ujar Plt Direktur Utama PT Railink Anggoro Triwibowo dalam keterangannya, Selasa (31/8/2021).

KA Bandara Soekarno-Hatta akan beroperasi sebanyak 20 perjalanan dalam 1 hari yaitu mulai pukul 05.37 WIB hingga pukul 18.49 WIB. Sedangkan KA Bandara Kualanamu Medan beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga 19.15 WIB.

Adapun beroperasinya kembali KA Bandara Soekarno-Hatta ini disertai dengan tarif promo khusus HUT PT KAI dan HUT PT Railink, dengan tawaran diskon tarif hingga 76 persen.

Terdapat beberapa tarif promo yang diberlakukan di sejumlah rute KA Bandara Soekarno-Hatta. Tarif promo KA Bandara yang dipatok berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 35.000 untuk sekali perjalanan.

Tarif promo KA Bandara Rp 5.000 berlaku untuk rute perjalanan Stasiun Manggarai - Stasiun Duri, Stasiun Manggarai - Stasiun BNI City, dan Stasiun BNI City - Stasiun Duri.


Lalu tarif promo KA Bandara Rp 10.000 berlaku untuk rute perjalanan Stasiun Batu Ceper - Stasiun Manggarai, Stasiun Batu Ceper - Stasiun BNI City, dan Stasiun Batu Ceper - Stasiun Duri.

Sedangkan tarif promo KA Bandara Rp 25.000 hanya berlaku untuk rute perjalanan Stasiun Batu Ceper - Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Serta tarif promo KA Bandara Rp 35.000 berlaku untuk rute perjalanan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta - Stasiun Manggarai, Stasiun Bandara Soekarno-Hatta - Stasiun BNI City, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta - Stasiun Duri

2. Penumpang kapal Pelni wajib tunjukkan kartu vaksin di PeduliLindungi

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) mengintegrasikan sistem penjualan tiket dengan aplikasi PeduliLindungi mulai 1 September 2021.

Lewat kebijakan itu, Pelni hanya akan melayani calon penumpang yang sudah divaksin Covid-19 minimal dosis pertama, yang dibuktikan dengan sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni O.M. Sodikin mengatakan, integrasi ini merupakan upaya Pelni mendukung pemerintah dalam percepatan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia, khususnya pengguna transportasi laut.

"Sebagai moda transportasi andalan masyarakat kepulauan, kebijakan ini diharapkan mampu mendorong percepatan vaksinasi sehingga masyarakat bisa mendapatkan akses transportasi," ujarnya dalam keterangan tertulis Kamis (26/8/2021).

"Kebijakan ini semakin mempertegas bahwa penumpang Pelni adalah mereka yang sudah melakukan vaksin. Semoga bisa meyakinkan masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan dengan kapal Pelni," lanjut Sodikin.

Screening awal calon penumpang akan dimulai sejak pembelian tiket kapal Pelni, baik melalui loket di kantor cabang atau secara daring melalui website Pelni, Pelni Mobile Apps, serta travel agent/mitra penjualan.

Untuk dapat membeli tiket kapal Pelni, calon penumpang wajib menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi warga negara Indonesia (WNI) atau nomor paspor untuk warga negara asing (WNA).

Jika NIK/nomor paspor calon penumpang teridentifikasi telah menerima vaksinasi pada aplikasi PeduliLindungi, maka petugas akan memproses tiket calon penumpang.


Namun bagi calon penumpang yang belum mendapatkan vaksin karena alasan medis, hanya dapat membeli tiket di loket kantor cabang. Selain itu, wajib menunjukkan surat keterangan yang ditandatangani oleh dokter dari rumah sakit pemerintah dan telah diverifikasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat.

3. Bandara Changi Singapura buka terminal 1 dan 3

Setelah tiga bulan lebih ditutup, kini terminal 1 dan 3 Bandara Changi Singapura dibuka kembali untuk umum mulai 1 September 2021. Akses publik di bandara ini ditangguhkan pada 13 Mei 2021 lalu akibat meningkatnya jumlah kasus Covid-19.

Pembukaan untuk umum ini akan diikuti dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat guna melindungi para pelancong, pekerja bandara, dan masyarakat yang mengunjungi bandara.

“Ini termasuk membatasi penggunaan ruang kedatangan untuk penumpang yang tiba dan layanan temu sapa profesional, untuk meminimalkan interaksi antara penumpang yang tiba dan penduduk setempat,” ujar Changi Airport Group (CAG) dan Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) seperti dikutip dari CNA, Sabtu (28/8/2021).

Perwakilan hotel, jasa transportasi, dan agen perusahaan wajib menunjukkan jadwal penerbangan penumpang untuk dapat masuk ke area bandara saat penerbangan telah mendarat. Aturannya, hanya satu perwakilan yang diizinkan untuk menjemput setiap kelompok penumpang yang tiba.

Penumpang lain dari negara berisiko rendah bisa mengatur transportasinya sendiri atau dijemput keluarga dan teman di tepi jalan penjemputan kedatangan terminal, serta layanan taksi juga akan tersedia untuk penumpang.

https://money.kompas.com/read/2021/09/01/094235426/september-ceria-ka-bandara-beroperasi-lagi-hingga-kabar-terbaru-bandara-changi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke