Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Cabai Merosot, Ini Kata Kementan

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, harga komoditas cabai seperti cabai merah besar, cabai rawit merah, hingga cabai merah keriting di Tanah Air mengalami penurunan.

Mengutip dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategi (PIHPS) Nasional, Jumat (3/9/2021), harga cabai merah besar merosot 3,38 persen atau Rp 1.000, menjadi Rp 28.600 per kilogram.

Harga cabai rawit merah juga turun sebesar 1,83 persen menjadi Rp 37.450 per kilogram, dan harga cabai merah keriting juga turun sebesar 2,77 persen menjadi Rp 28.100 per kilogram.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Bambang Sugiharto mengaku memang terjadi adanya penurunan harga di pasar.

Oleh sebab itu, dia meminta seluruh stakeholder mau bekerja sama dan menyerap cabai produksi petani.

“Kami mendengar ada penurunan harga di pasaran. Karenanya kami dorong agar industri dalam negeri dapat menyerap produksi petani. Begitu pula pemda agar juga menjaga harga di level petaninya baik. Kita perlu bersama menjaga semangat petani,” ujar Bambang dalam keterangannya, dikutip Kompas.com, Jumat (3/9/2021).

Bambang bilang, saat ini, Kementan telah menyiapkan mobil berpendingin untuk mengangkut cabai dari lahan dengan gratis tanpa biaya kirim.

Bahkan untuk pengolahan, Kementan telah memberi bantuan pasca panen bagi petani binaan.

“Kami juga telah bersurat pada dinas terkait di 34 propinsi untuk menyerap produk petani. Alokasi anggaran untuk bantuan pasca panen juga telah ada, agar kualitas produksi petani terjaga,” jelas Bambang.

Sementara itu, Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementan Tommy Nugraha mengatakan, produksi aneka cabai nasional pada Januari hingga Juli 2021 menunjukkan masih surplus.

Pada bulan Juli terdapat produksi sebanyak 163.293 ton dengan kebutuhan sebesar 158.855 ton.

“Hingga Juli kita surplus 4.439 ton. kebutuhan masyarakat terhadap aneka cabai masih dapat dipenuhi dari hasil produksi di dalam negeri,” kata Tommy.

Menurut dia, adanya surplus produksi juga telah diantisipasi Kementan, dengan meminta para stakeholder, baik pengusaha lokal dan pemerintah daerah untuk membantu penyerapan hasil petani.

Kementan merasa perlu dukungan pemasaran di level pedagang harus ada intervensi pemerintah.

“Kami sudah memastikan produksi cukup sehingga gejolak harga tinggi tidak terjadi kembali. Maka penguatan intervensi pemerintah di hilir juga harus kuat. Kami mohon para petani kami dibantu agar harga tidak anjlok,” ujar Tommy.

https://money.kompas.com/read/2021/09/03/114530026/harga-cabai-merosot-ini-kata-kementan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke