Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Instruksi Luhut soal Masalah Bengkaknya Biaya Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Jodi Mahardi.

Jodi mengatakan, PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) sudah diminta untuk melakukan berbagai langkah.

"Pemerintah telah meminta KCIC untuk melakukan efisiensi-efisiensi yang bisa dilakukan agar biaya pembangunan bisa dihemat. Range cost overrun nanti masih subject dari audit BPKP supaya angkanya bisa lebih akurat," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (3/9/2021).

"Mengenai pemenuhan dana untuk cost overrun saat ini masih dalam pembahasan pemerintah Indonesia dan BUMN sponsor. Pendanaan kenaikan biaya proyek direncanakan untuk diperoleh dari pinjaman bank," sambung Jodi.

Lebih lanjut kata dia, berdasarkan instruksi Menko Luhut, semua perusahaan BUMN terkait terutama KAI diminta fokus menyelesaikan persoalan KCIC.

"Diharapkan semua yang dari awal ikut terlibat proyek, terutama saat menegosiasikan struktur proyek, feasibility study, pendanaan, dan aspek legalitas tetap fokus pada solusi," kata dia.

Persoalan kenaikan biaya saat ini, kata Jodi, sedang dalam tahap verifikasi. Namun kenaikan biaya proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung diperkirakan akibat naiknya biaya pembebasan lahan dan bahan konstruksi.

Perlu diketahui, biaya proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung membengkak atau mengalami cost overrun menjadi 8 miliar dolar AS atau setara Rp 114,24 triliun.

Dengan estimasi tersebut, terdapat kenaikan sebesar 1,9 miliar dolar AS atau setara Rp 27,09 triliun dari rencana awal pembangunan KCJB sebesar Rp 6,07 miliar dolar AS ekuivalen Rp 86,5 triliun.

https://money.kompas.com/read/2021/09/03/182124126/ini-instruksi-luhut-soal-masalah-bengkaknya-biaya-proyek-kereta-cepat-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke