Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejarah Hari Pelanggan Nasional yang Diperingati Setiap 4 September

KOMPAS.com - Tepat hari ini, Sabtu 4 September 2021, diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional atau biasa juga disebut dengan Hapelnas (Hari Pelanggan Nasional 2021).

Di Tanah Air, Hari Pelanggan Nasional seringkali dirayakan sejumlah perusahaan dengan menggelar diskon, bonus, promo, bagi-bagi bingkisan hadiah, dan seringkali dalam bentuk acara seremonial yang tujuannya untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan.

Dikutip dari laman Hari Pelanggan, Sabtu (4/9/2021), sejarah ditetapkannya Hari Pelanggan Nasional bermula dari ide yang dicetuskan seorang pengusaha asal Solo bernama Handi Irawan kepada pemerintahan Megawati Soekarnoputri di tahun 2003.

Ide itu bisa diterima pemerintah karena momentum kala itu berbarengan dengan mulai diimpelentasikannya UU Nomor 8 Tahun 1999 secara luas di masyarakat.

Di awal perayaan Hapelnas, banyak perusahaan baik swasta maupun BUMN antusias dalam menyelenggarakan seremonial pada setiap tanggal 4 September. Para CEO perusahaan terjun ikut berkeringat melayani pelanggan di lapangan. 

Saat Presiden Megawati membuka perayaan Hari Pelanggan Nasional pertama kalinya, ada sekitar 200 direktur utama dari berbagai perusahaan. Di mana saat itu Hapelnas sudah dirayakan oleh lebih dari 500 perusahaan.

"Memahami pelanggan bukanlah pekerjaan semusim. Harapan pelanggan yang selalu meningkat membuat semua pelanggan tidak pernah sepakat untuk mengatakan bahwa mereka benar-benar terpuaskan," tulis laman tersebut.

Ia mencetuskan Hari Pelanggan Nasional untuk memompa semangat dan pelayanan perusahaan demi memuaskan pelanggan.

https://money.kompas.com/read/2021/09/04/092122026/sejarah-hari-pelanggan-nasional-yang-diperingati-setiap-4-september

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke