Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko Airlangga: Seluruh Pihak yang Terlibat PON Papua Harus Sudah Divaksin

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga mengatakan seluruh pihak yang terlibat dalam PON XX Papua mulai dari atlet, pelatih, ofisial, tenaga pendukung, sampai masyarakat di sekitar venue harus sudah divaksin.

Ditargetkan pada Oktober nanti, seluruh pihak yang terlibat sudah menerima dua dosis vaksin.

"Untuk vaksinasi, targetnya di Kabupaten/Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Keerom (sebagai daerah penyangga) vaksinasinya minimal 70 persen yang dosis 1, dan dosis 2 menyesuaikan," kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/9/2021).

"Untuk jumlah penonton memang terbatas (sesuai arahan Presiden) dan hanya boleh bagi yang sudah divaksin. Jadi harus didorong masyarakat siap divaksin,” kata Airlangga lagi.

Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini meminta persiapan penyelenggaran PON yang rencananya akan digelar mulai 2 Oktober 2021, tak hanya sekadar dari sarana dan prasarana saja, tapi juga dari sisi pencegahan penularan Covid-19.

Airlangga meminta penyelenggara mencontoh kesuksesan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 yang berhasil menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) juga harus dijalankan secara ketat. Setiap kontingen yang menjadi bagian dari ajang ini harus melakukan screening atau tes Covid-19 terlebih dahulu sejak berada di wilayah asal, sebelum berangkat menuju tempat berlangsungnya PON,” ujar dia.

Airlangga juga meminta, setibanya di lokasi penyelenggaraan PON XX Papua, para kontingen harus melakukan screening kembali sambil melakukan karantina/isolasi di fasilitas yang disediakan panitia.

“Alhamdulillah Wali Kota Jayapura responsif terhadap keberadaan kapal (isoter). Isoter kapal ini akan ada sampai PON selesai,” katanya.

Airlangga berharap, pelaksanaan PON XX Papua ini bisa membawa dampak ekonomi bagi masyarakat Papua. PON XX Papua sukses, ekonomi masyarakat juga meningkat.

“Dampak sebelum PON yaitu pada pembangunan (infrastruktur), dan setelah PON, tentu dari pemanfaatan venue (yang sudah dibangun), juga dampak dengan banyaknya atlet yang datang untuk bertanding,” kata dia.

https://money.kompas.com/read/2021/09/04/184851526/menko-airlangga-seluruh-pihak-yang-terlibat-pon-papua-harus-sudah-divaksin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke