Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Vaksin Merah Putih Akan Diproduksi April atau Mei 2022, Gratis atau Berbayar?

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjanjikan vaksin Covid-19 buatan dalam negeri yakni vaksin Merah Putih akan mulai diproduksi pada kisaran bulan April atau Mei tahun 2022.

Pembuatan vaksin tersebut, lanjut Erick, dilakukan untuk mengurangi ketergantungan vaksin impor yang selama ini dilakukan.

"Kita tidak bisa bergantung dengan vaksin impor, kita harus bisa vaksin buatan Indonesia. Selama ini Bio Farma kan sudah bisa memproduksi vaksin sendiri tapi bukan buat Covid-19, buat polio, dan lain-lain," kata Erick saat menyambangi Apotek Kimia Farma di Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/9/2021).

Rencananya, vaksin Merah Putih tersebut akan diproduksi sebanyak 500 juta dosis.

Erick mengatakan, SDM Indonesia saat ini diperlukan untuk mempelajari teknologi penemuan vaksin.

Tujuannya agar Indonesia tak lagi bergantung bahan obat-obatan yang diimpor dari negara lain.

"Jadi kalau penduduk Indonesia memerlukan 420 juta vaksin, kami bisa lakukan sendiri. Tinggal teknologi penemuan vaksinnya itu harus belajar," kata Erick.

"Karena memang RND (research and development) harus terus ditingkatkan. Kita enggak boleh kalah dengan negara luar," imbuh dia.

Maka dari itu, perusahaan Bio Farma melakukan suatu terobosan dengan menghadirkan vaksin Merah Putih.

Selain itu, ada wacana pembangunan industri petrochemical di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Di sana, kata Erick, bahan baku untuk pembuatan obat parasetamol bakal diolah.

Vaksin Merah Putih gratis atau bayar?

Ketika vaksin Merah Putih mulai diproduksi, mantan Presiden klub sepak bola Inter Milan ini tidak bisa memastikan bahwa vaksin tersebut berbayar atau tidak.

Alasannya, pengenaan biaya vaksin bukan ranahnya untuk memutuskan.

"Saya enggak bisa jawab itu, karena saya belum tahu keputusannya. Tapi yang penting, kami dari BUMN siapkan tadi vaksin Merah Putih atau vaksin BUMN supaya bisa produksi sendiri jangan impor lagi," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/09/05/053000226/vaksin-merah-putih-akan-diproduksi-april-atau-mei-2022-gratis-atau-berbayar-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke