Salin Artikel

Pemerintah Uji Coba Buka Mall di Bali, Begini Rincian Aturannya

Di dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 39 tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa-Bali disebutkan, pemerintah memutuskan untuk melakukan uji coba membuka pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan dengan implementasi protokol kesehatan yang ketat di Bali.

"Untuk Kabupaten Jembrana, Kabupaten Bangli, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Buleleng, dan Kota Denpasar dilakukan uji coba implementasi protokol kesehatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan," tulis aturan tersebut seperti dikutip Kompas.com, Selasa (7/9/2021).

Sebelumnya, pada konferensi pers perpanjangan PPKM pada Senin (6/9/2021) malam, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, uji coba buka mall di Bali dilakukan dengan mewajibkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi bagi setiap pengunjung yang akan masuk mall.

"Kami akan melakukan uji ciba protokol eksehatan dan Peduli Lindungi untuk mall dan pusat perbelanjaan di Bali dengan batasan-batasan tertentu," ujar Luhut.

Ia juga mengatakan, saat ini hanya ada 11 kota/kabupaten di Jawa-Bali yang masih menjadi wilayah level 4. Sebelumnya, jumlah wilayah yang masuk dalam kategori wilayah PPKM level 4 sebanyak 25 kota/kabupaten.

"Dari wilayah aglomerasi, DIY berhasil turun ke level 3, sementara Bali kami perkirakan butuh waktu 1 minggu lagi untuk turun ke level 3 dari level 4 akibat perawatan pasien di RS yang masih tinggi," ujar Luhut.

Secara lebih rinci, aturan uji coba buka di Bali pada masa PPKM diperpanjang adalah sebagai berikut:

https://money.kompas.com/read/2021/09/07/120552126/pemerintah-uji-coba-buka-mall-di-bali-begini-rincian-aturannya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.