Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanggapan Kemenhub Soal Taruna PIP Semarang yang Tewas Dianiaya Senior

Korban adalah Zidan Muhammad Faza (21) taruna tingkat 3 yang baru saja selesai menjalani Praktek Kerja Lapangan, sedangkan pelaku adalah Caesar Richardo Bintang Samudro Tampubolon, seorang taruna tingkat 8.

Plt. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Antoni Arif Priadi mengatakan, tindak kekerasan tersebut terjadi di luar lingkungan kampus karena sampai dengan saat ini pembelajaran masih dilakukan secara online.

Ia pun mengungkapkan turut prihatin dan menyesalkan atas terjadinya peristiwa tersebut. Pihaknya memastikan tidak mentolerir tindakan kekerasan yang terjadi dan menyerahkan proses penyelesaian masalah ke pihak Kepolisian.

“Kami tidak mentolerir segala tindak kekerasan dalam bentuk apapun yang terjadi di lingkungan kampus Kementerian Perhubungan. Selanjutnya kami menyerahkan hal ini kepada pihak Polresta Semarang untuk dapat diproses sesuai ketentuan yang berlaku," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (8/9/2021).

Menurut Arif, pihaknya sedari awal telah memberikan arahan kepada seluruh pengelola sekolah untuk selalu menerapkan standar prosedur pengawasan dan pencegahan tindak kekerasan di lingkungan sekolah. Oleh seab itu, pihaknya akan mengambil langkah tegas terhadap pihak sekolah yang lalai.

"Atas kejadian ini, BPSDM Perhubungan akan segera mengambil langkah terhadap sekolah yang lalai dalam menjalankan tugasnya sehingga terjadi tindak kekerasan," katanya.

Arif menambahkan, saat ini BPSDM Perhubungan melalui PIP Semarang sudah berkoordinasi secara langsung dengan pihak keluarga korban. Ia bilang, pihaknya bertanggung jawab penuh terhadap seluruh proses mulai dari penanganan di rumah sakit hingga pemakaman almarhum.

Sebelumnya, dilansir dari TribunJateng, menurut Kasatreskrim Polrestabes Semarang, AKBP Donny Sardo Lumbantoruan korban diduga meninggal dunia diduga karena dipukul di bagian ulu hati oleh pelaku.

Insiden ini bermula ketika korban bersama temannya sedang berboncengan naik motor dan tidak sengaja bersenggolan dengan terduga pelaku yang merupakan seniornya di PIP di daerah Tegalsari, Semarang, pada Senin (6/9/2021) sekitar pukul 23.00 WIB.

Pelaku yang emosi kemudian menghampiri korban dan memukul bagian perut hingga korban tak sadarkan diri. Korban pun segera dibawa ke rumah sakit oleh temannya, namun saat akan dilakukan tindakan medis, korban menghembuskan nafas terakhirnya.

"Terduga pelaku memukul korban di ulu hati dan terjatuh. Korban pun dibawa ke rumah sakit. Jadi saat dibawa ke rumah sakit korban masih dalam kondisi bernyawa," ujar Donny pada Selasa (7/9/2021).

https://money.kompas.com/read/2021/09/08/111803826/tanggapan-kemenhub-soal-taruna-pip-semarang-yang-tewas-dianiaya-senior

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke