Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saham BUKA Tetap Dikoleksi meski Harganya Turun, Ini Penjelasan Analis

Hal ini terlihat dari aksi beli bersih dalam sebulan yang tercatat mencapai Rp 1,7 triliun.

Menurut Equity Analyst Indo Premier Sekuritas Mino, sejak BUKA tercatat di BEI saham perusahaan e-commerce tersebut masih mencatatkan net sell di pasar regular sebesar Rp 200-an miliar.

Namun, sejak awal September 2021, asing mulai mencatatkan net buy di tengah penurunan harga saham BUKA.

“Aksi beli tersebut kemungkinan berhubungan dengan kinerja dari BUKA,” kata Mino kepada Kompas.com, Jumat (10/9/2021).

Berdasarkan laporan keuangan, pada kuartal II tahun 2021 pendapatan Bukalapak tumbuh sebesar 37 persen dari tahun sebelumnya, menjadi Rp 440 miliar, dan pendapatan semester I tahun 2021 tumbuh 35 persen menjadi Rp 864 miliar.

Meski begitu, Bukalapak mampu menekan kerugian operasionalnya sebesar 24,9 persen dari Rp 1,03 triliun pada semester I-2020 menjadi Rp 766 miliar pada semester I-2021.

“Untuk jangka panjang prospek BUKA diprediksi masih akan positif seiring mulai terbiasanya masyarakat untuk melakukan transaksi secara online,” jelas Mino.

Direktur Ekuator Swarna Investama Hans Kwee menjelaskan, karena fundamental perusahaan yang baik, berdampak pada minat investor akan saham BUKA. Di sisi lain, Hans menilai BUKA memiliki cash yang besar untuk melakukan ekspansi di kemudian hari.

“BUKA waktu IPO mungkin terlihat relatif mahal (harga sahamnya). Tetapi setelah IPO sukses, perusahaan punya cash yang sangat besar untuk ekspansi dan memperbesar nilai perusahaan. Dengan IPO yang sukses, maka fundamental perusahaan menjadi kuat,” tegas Hans.

Pada penutupan perdagangan sore ini, harga saham BUKA melesat 3,6 persen di level Rp 845 per saham. Dalam sepekan, saham BUKA mengalami penurunan 5,5 persen, sementara dalam sebulan saham BUKA masih minus 12,4 persen. Hari ini, asing catatkan aksi beli bersih saham BUKA Rp 21,01 miliar di seluruh pasar.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

https://money.kompas.com/read/2021/09/10/171345426/saham-buka-tetap-dikoleksi-meski-harganya-turun-ini-penjelasan-analis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke