Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Rekening Koran dan Kegunaannya

KOMPAS.com - Rekening koran adalah istilah yang barangkali sudah tak asing lagi bagi sebagian orang, apalagi bagi mereka yang merap berurusan dengan perbankan. Apa itu rekening koran?

Rekening koran adalah ringkasan informasi penyeluruh dari suatu rekening, baik rekening pribadi maupun rekening badan usaha di perbankan.

Informasi yang tercetak di rekening koran adalah rincian terkait posisi debit dan kredit rekening di bank, dalam hal ini semua riwayat keluar masuk dana di rekening bank dalam kurun waktu tertentu sesuai permintaan nasabah. 

Meski saat ini sudah tersedia internet banking yang menyediakan informasi mutasi rekening secara lengkap via online (e-statement), pencetakan rekening koran seringkali tetap dibutuhkan nasabah untuk persyaratan berbagai keperluan.

Beberapa bank seringkali mengenakan biaya untuk pencetakan rekening koran atas permintaan nasabah. Biaya akan dikenakan per lembar dan berbeda untuk masing-masing bank, namun berkisar antara 1.000 sampai Rp 3.000 per lembar.

Semakin aktif atau semakin sering frekuensi transaksi di rekening simpanan, maka semakin banyak lembar yang akan dicetak sebagai rekening koran.

Cara cetak rekening koran

Untuk mencetak, nasabah hanya perlu mendatangi kantor cabang bank terdekat lalu mengambil antrean untuk bertemu dengan customer service.

Secara umum, syarat mencetak rekening koran adalah membawa buku tabungan, kartu identitas nasabah, kartu debit, dan biaya pencetakan rekening koran.

Informasi yang tercetak dalam rekening koran antara lain saldo awal dan akhir bulan, arus debit dan kredit, biaya administrasi bulanan bank, serta bunga.

Beberapa fungsi dari rekening koran adalah sebagai berikut:

https://money.kompas.com/read/2021/09/11/145238426/mengenal-rekening-koran-dan-kegunaannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke