Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Buka Usaha dengan Modal Kecil

Founder & COO of PALA Nusantara Ilham Pinastiko mengatakan, sebenarnya kunci dari membuka usaha dengan modal kecil adalah kemauan dan bisa memanfaatkan platform digital.

Apalagi kata dia, saat ini ada perilaku masyarakat yang berubah dalam berbelanja.

"Sekarang beli lampu misalnya, masyarakat berpikir pasti daripada harus ke toko atau ke mal mending lewat e-commerce saja. Barang dipesan sampai langsung ke rumah tanpa harus ke luar," ujar Ilham dalam Ngulik Bisnis Bareng Blibli yang disiarkan secara virtual oleh Harian Kompas, Senin (13/9/2021).

Ilham mengatakan, menjadi dropshipper juga menjadi pilihan yang tepat jika memang ingin menjadi pengusaha tapi memiliki modal yang terbatas.

Sebab, menurut Ilham, menjadi dropshipper tidak perlu memiliki merek yang besar, tidak perlu waktu yang banyak untuk mengurus pengemasan dan tidak perlu menjadi marketing.

"Ya sudah tinggal gabung di marketplace saja, jadi dropshipper itu gampang. Enggak perlu modal yang besar juga, hanya perlu kuota saja, jual sana-sini, dah dapat itu omzet," jelas Ilham.

Walau demikian Ilham mengingatkan, memulai bisnis atau usaha harus berlandaskan keyakinan dalam diri, bukan hanya sekadar coba-coba.

"Karena kalau dari hati kita mulainya, itu enak banget. Enggak ada rasa beban buat menjalaninya," kata Ilham.

https://money.kompas.com/read/2021/09/13/140301926/tips-buka-usaha-dengan-modal-kecil

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke