Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resmi Terbentuk, Apa Saja Manfaat Holding Ultramikro?

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding ultramikro Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tediri dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) resmi terbentuk.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan pengalihan saham pemerintah di Pegadaian dan PNM kepada BRI.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pembentukan holding ultramikro akan memberikan sejumlah manfaat ke berbagai pihak.

Pertama, untuk negara, pembentukan holding yang dipimpin oleh BRI itu diharapkan mampu menjaga kontribusi positif perusahaan pelat merah ke kas negara.

"Dengan Covid-19 seperti ini (kontribusi) kita enggak boleh turun. Kita harus paling tidak, sama ataupun meningkat. Karena negara pemasukannya berkurang," kata Erick dalam konferensi pers virtual, Senin (13/9/2021).

"Salah satunya dengan apa? Memastikan supply chain dan ekosistem untuk menjadikan efisiensi, sehingga BUMN tetap sehat," tambah dia.

Kemudian, holding ini diharapkan dapat memperkuat operasional bisnis ketiga perusahaan pelat merah itu, di tengah ketatnya persaingan yang ditenggarai oleh percepatan digitalisasi.

Dengan adanya holding, ketiga BUMN dapat saling bersinergi dalam berbagai hal, mulai dari pemanfaatan fasilitas hingga penciptaan ekosistem pembiayaan ultramikro.

Manfaat ketiga, memberikan kemudahan akses pembiayaan kepada para pelaku usaha ultramikro.

Bukan hanya kemudahan, holding ultramikro diharapkan dapat menghasilkan pembiayaan dengan bunga yang lebih murah.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, pembentukan holding juga dapat memberikan manfaat kepada pihak lain, seperti halnya pemegang saham perseroan.

Aksi korporasi ini dinilai dapat menjadi sebuah kepastian terhadap pertumbuhan operasional BRI ke depan.

"Dengan dibentuknya holding ini, nanti pemegang saham punya kepastian, bahwa BRI ini punya kepastian sumber pertumbuhan," kata Sunarso.

Selain itu, untuk karyawan di tiga perusahaan sendiri, pembentukan holding dapat menjadi momentum guna memaksimalkan potensinya.

Pasalnya, ketiga perusahaan saat ini telah tergabung di dalam satu ekosistem.

"Artinya wadah baru yang lebih besar ini menjadi tempat yang kondusif menumbuhkembangkan karir teman-teman semua," ucap Sunarso.

https://money.kompas.com/read/2021/09/13/143453626/resmi-terbentuk-apa-saja-manfaat-holding-ultramikro

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke