Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Mencegah Serangan Siber bagi Perusahaan

Country Manager Indonesia Check Point Software Deon Oswari mengungkapkan, organisasi atau perusahaan di Indonesia mengalami 746 persen lebih banyak serangan siber dari rata-rata global dalam 6 bulan terakhir.

"Di tengah pandemi, peralihan ke kerja dari rumah (remote working) telah mempercepat transformasi digital di Indonesia. Oleh karena itu, para pelaku kejahatan siber telah mengadaptasi praktik kerja mereka dengan cara memanfaatkan peralihan ini untuk membidik jaringan distribusi perusahaan dan jaringan mitra-mitra organisasi, untuk mencapai kerusakan maksimal," ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Deon mengungkapkan setidaknya ada 6 cara agar perusahaan bisa terhindar dari serangan siber. Pertama adalah melakukan edukasi. Edukasi merupakan komponen penting dari proteksi.

Banyak serangan siber dimulai dari email bertarget yang walaupun tidak mengandung malware, tetapi didesain sedemikian rupa untuk memikat penerima email agar mengklik tautan berbahaya.

"Oleh karena itu, edukasi bagi pengguna merupakan salah satu bagian terpenting dari proteksi," kata Deon.

Kedua, memperkuat proteksi email. Menurut Deon, 91 persen file berbahaya di Indonesia dikirim melalui email, dan jenis file yang paling berbahaya yang diterima lewat email adalah file jenis .xlsx, diikuti oleh file .rtf , dan .docx.

Oleh karena itu penting bagi organisasi atau perusahaan untuk memperkuat keamanan email , terutama saat memindahkan email dari host lokal ke cloud.

Cara ketiga yaitu memasang updates dan patches secara berkala. Keempat yaitu mengadopsi strategi dan pendekatan yang mengutamakan pencegahan.

"Pendekatan yang mengutamakan deteksi saja tidaklah cukup. Selain tertarget, serangan siber juga terampil menghindari deteksi. Jika data berhasil dicuri, kerugian finansial organisasi atau perusahaan pun menjadi tinggi. Jika serangan siber berhasil menembus perangkat atau jaringan, maka semuanya sudah terlambat," ungkap Deon.

Cara kelima yaitu memasang perangkat anti-ransomware. Perlindungan anti-ransomware akan mengawasi aktivitas yang tidak biasa seperti membuka dan mengenkripsi file dalam jumlah besar.

Jika ada perilaku mencurigakan yang terdeteksi, fitur ini dapat segera bereaksi dan mencegah kerusakan besar.

Sementara cara keenam yaitu memasang solusi keamanan siber terpadu untuk pekerja jarak jauh (remote work) untuk melindungi endpoint, browser, email, serta akses jarak jauh dari berbagai ancaman siber, baik yang dikenal maupun tidak dikenal.

https://money.kompas.com/read/2021/09/15/104955426/6-cara-mencegah-serangan-siber-bagi-perusahaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke