Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 6 Tanda yang Menunjukkan Anda Harus Segera Resign

Banyak pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) satu tahun ke belakang akibat krisis pandemi ini.

Dengan demikian, Anda harus benar-benar memikirkan secara matang penyebab resign sebelum keputusan tersebut diambil.

Jadi sebenarnya, kapan waktu untuk resign yang tepat?

"Banyak dari kita yang memiliki hari-hari buruk, tidak menyukai pekerjaan, dan terkadang mengalami frustasi karena perilaku manajer atau rekan kerja. Namun itu tidak berarti Anda harus resign, sebab resign adalah pertanyaan lain," ujar kontributor Harvard Business Review Amy Gallo seperti dilansir dari CNN Business, Rabu (15/9/2021).

Salah satu cara untuk mempelajari tanda-tanda resign yakni seberapa lama Anda telah menghadapi masalah yang berkaitan dengan bekerjaan, selain itu juga mengidentifikasi ketidakpuasan terhadap apa yang Anda capai selama bekerja.

Hal itu bisa membantu Anda untuk mengambil keputusan untuk menetap, atau ternyata memang sudah harus melepaskan diri dari tempat bekerja tersebut.

Selain itu, jangan sampai kehilangan gambaran besar dari situasi yang sedang terjadi.

"Di situasi pandemi, semua hal terasa begitu intens. Hampir semua dari kita mengalami burn out (kelelahan dalam bekerja). Dan kita pasti memiliki penyebab stres di hidup kita," ujar Gallo.

"Mungkinkah hal itu mempengaruhi persepsi dalam bekerja Anda?," kata dia.

Setelah Anda membuat daftar beberapa penyebab resign, Anda juga harus mencari tahu apakah masalah tersebut bisa diselesaikan.

Bila tidak, mungkin Anda memang telah menemukan kapan waktu untuk resign yang tepat dan mencari pekerjaan baru.

Berikutnya, ini adalah daftar 6 tanda-tanda resign yang harus Anda tahu:

Merasa tidak ada kemajuan

Sulit merasa termotivasi dan produktif bekerja ketika Anda merasa tidak ada ruang untuk menjadi lebih baik.

Perasaan tidak bisa maju ini berbeda-beda tergantung pada setiap individu. Misalnya saja, ada beberapa pihak yang merasa kemajuan terlihat dari pormosi dan kenaikan gaji, penugasan yang tidak menarik, atau kurangnya kesempatan untuk belajar hal baru.

Ada masalah besar dengan bos

Pasti Anda akan menghadapi masa di mana Anda tidak bisa berhadapan langsung dengan bos, namun ketika permasalahan lebih dari sekadar ketidaksepakatan biasa, ada kekurangan kepercayaan dan dukungan, bakal berpengaruh terhadap produktifitas dan kemajuan karir Anda.

Hal lain misal, bos Anda memiliki kecenderungan membatasi kemajuan karir dari anak buahnya.

"Setiap perilaku perundungan dan perilaku yang cenderung toxic, itu adalah sinyal untuk resign yang nyata," ujar Gallo.

"Lihat sekeliling tempat kerja Anda, dan pertimbangkan 'Apakah ada bos yang lebih baik di luar?'. Mungkin saja bos Anda bersikap sesuai dengan kultur organisasi kantor Anda.

Ada kecenderungan menunda pekerjaan

Terkadang kita memang kerap menunda hal-hal tertentu. Namun, bila kita terlalu kerap menunda hingga menyelesaikan pekerjaan di menit-menit terakhir, mungkin itu bisa menjadi salah satu sinyal Anda harus mencari pekerjaan baru.

Diskoneksi budaya kerja

Setiap kantor pasti memiliki budaya kerja masing-masing. Budaya kerja kantor tersebut akan berpengaruh pada produktifitas dan kebahagiaan Anda.

Bila terjadi diskoneksi, atau Anda tidak nyambung dengan budaya kerja kantor Anda, hal itu bisa menimbulkan masalah.

Setiap pekerja harus merasa didukung dan aman selama bekerja.

Anda menyadari ada kesempatan lain

Ketika Anda merasa tidak puas dengan posisi Anda saat ini, Anda mulai melihat peluang lain lebih sering.

"Tiba-tiba Anda mulai melihat peluang kerja muncul di LinkedIn dan Anda benar-benar melambat dan melihatnya -- fokus Anda telah bergeser," kata pendiri sebuah tempat pelatihan kerja Ama La Vida, Foram Sheth.

Dia menyarankan untuk bertanya pada diri sendiri, Jika Anda menganggur dan pekerjaan Anda saat ini ditawarkan kepada Anda apa adanya, apakah Anda akan menerimanya atau terus mencari yang lain?

Ada perubahan sikap

Perhatikan bila Anda mulai lebih sering menggerutu atau mengeluh di tempat kerja Anda saat ini.

"Bila Anda merasa diri Anda merasa tidak puas dengan banyak asepk dalam pekerjaan Anda, merasa tidak senang ketika bekerja, duduk di depan laptop dan berpikir Anda tidak ingin melakukan pekerjaan Anda, hal itu adalah sinyal Anda harus mencari kesempatan kerja lain di luar," ujar Gallo.

Meskipun Anda tidak diharapkan untuk bahagia di tempat kerja sepanjang waktu, Sheth mengatakan selalu bersikap defensif ketika dihadapkan pada masalah di pekerjaan dan memberikan respons tipe transaksional yang singkat dan memberikan informasi yang terbatas juga bisa menjadi sinyal untuk resign lainnya.

Pergeseran dalam sikap dan pendekatan Anda terhadap pekerjaan dapat menjadi indikator bahwa sudah waktunya untuk memikirkan kembali berbagai hal.

https://money.kompas.com/read/2021/09/15/154111226/ini-6-tanda-yang-menunjukkan-anda-harus-segera-resign

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke