Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Boleh Beroperasi Lagi, Cinema XXI Uji Coba Buka Bioskop Mulai Besok

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memperbolehkan bioskop yang berada di daerah dengan status PPKM level 3 dan level 2 untuk kembali buka. Namun, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Terkait hal tersebut, Cinema XXI pun tengah bersiap untuk membuka bioskop secara bertahap. Rencananya uji coba pembukaan dilakukan mulai Kamis (16/9/2021) besok 

"Sejumlah bioskop jaringan Cinema XXI direncanakan akan menjalankan uji coba pembukaan per tanggal 16 September 2021," ujar Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol kepada Kompas.com, Rabu (15/9/2021).

Kendati demikian, ia belum bisa merinci bioskop Cinema XXI di mana saja yang akan mulai beroperasi.

Namun, Dewinta memastikan masyarakat bisa mengakses informasi terkait jadwal film dan lokasi bioskop yang akan aktif kembali melalui website resmi ataupun aplikasi MTix (Cinema 21).

Cinema XXI menyambut baik ketentuan yang ditetapkan pemerintah untuk pembukaan bioskop di masa PPKM,

Pihaknya akan mendukung upaya pemerintah dalam mengendalikan pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan.

Adapun beberapa ketentuannya yakni kapasitas penonton maksimal hanya 50 persen. Selain itu, pengunjung harus sudah divaksin sebanyak dua kali.

Lalu, diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining pada semua pengunjung dan pegawai bioskop.

Hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk.

Pengunjung yang diperbolehkan hanya untuk usia di atas 12 tahun.

Selain itu, pengunjung dilarang makan dan minum ataupun pengelola bioskop dilarang menjual makanan dan minuman di dalam area bioskop.

"Kami berkoordinasi secara intens dengan pemerintah pusat dan daerah, serta selalu mematuhi instruksi/arahan baik dari pemerintah pusat maupun daerah terkait protokol kesehatan yang ketat," kata Dewinta.

Menurut dia, meski berhenti beroperasi beberapa bulan akibat pembatasan mobilitas, tetapi Cinema XXI rutin melakukan kegiatan pemeliharaan dan pembersihan di seluruh lingkungan bioskop setiap harinya. 

Hal ini sekaligus menjadi kesiapan bioskop untuk beroperasi lagi.

Dewinta menjelaskan, sejumlah prosedur pembersihan yang dilakukan diantaranya meliputi general cleaning dan penyemprotan cairan disinfektan antivirus di seluruh lingkungan bioskop.

Lalu pemeliharaan peralatan dan kebersihan kursi bioskop, serta menjaga sistem ventilasi udara dan tingkat kelembapan bioskop untuk menghindari munculnya jamur.

"Untuk memastikan protokol kesehatan dilakukan dengan baik, kami juga akan menempatkan sejumlah informasi guna mengingatkan pengunjung menerapkan protokol kesehatan," imbuhnya.

Selain itu, saat beroperasi Cinema XII akan mengaplikasikan floor-marking di lingkungan bioskop, menyediakan hand sanitizer di area bioskop, penyediaan sabun cuci tangan di toilet bioskop, serta penerapan physical distancing di lingkungan bioskop, termasuk di dalam studio.

Di samping itu, setiap petugas bioskop akan diperlengkapi dengan masker, sarung tangan, dan face shield. Seluruh jaringan bioskop Cinema XXI juga telah dilengkapi dengan QR Code PeduliLindungi.

Nantinya pengunjung yang akan memasuki bioskop akan diminta untuk mendownload dan melakukan scan QR Code PeduliLindungi sebelum memasuki lingkungan bioskop.

Ketika berada di dalam studio, pengunjung wajib menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan, dan menjaga jarak.

Selama masa uji coba, juga tak ada penjualan makanan dan minuman, termasuk pengunjung diminta untuk tertib tidak makan dan minum di dalam studio.

"Kami berupaya untuk selalu mematuhi arahan serta instruski dari pemerintah pusat dan daerah, namun kami juga butuh dukungan dari pelanggan setia. Untuk itu kami mengimbau para pelanggan agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan yang ada," pungkas Dewinta.

https://money.kompas.com/read/2021/09/15/192738126/boleh-beroperasi-lagi-cinema-xxi-uji-coba-buka-bioskop-mulai-besok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke