Salin Artikel

Tak Lagi Gratis, Ini Tarif KA Bandara YIA Mulai 17 September 2021

Pasalnya, KA Bandara YIA akan beroperasi secara komersial melayani masyarakat Yogyakarta dan wisatawan yang akan menuju Bandara Internasional Yogyakarta dan sebaliknya.

Kepastian mengenai pemberlakuan tarif KA Bandara YIA ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri.

“KA Bandara YIA akan beroperasi komersial mulai tanggal 17 September 2021, dengan tarif resmi yang telah ditetapkan Pemerintah," kata Zulfikri dalam keterangan resmi, Kamis (16/9/2021).

Harga tiket KA Bandara YIA 2021

Sebelumnya, KA Bandara YIA beroperasi tanpa tarif alias gratis bagi masyarakat umum sejak 1 September 2021 lalu.

Dengan adanya penerapan tarif, berikut harga tiket KA Bandara YIA yang diberlakukan mulai besok:

Tarif tersebut sudah memperhitungkan subsidi yang diberikan pemerintah. KA Bandara YIA ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah, khususnya di sektor bisnis dan pariwisata.

Untuk itu Kementerian Perhubungan memberikan subsidi melalui Public Service Obligation atau PSO bagi para penumpang untuk membantu meringankan biaya tiket kereta api Bandara YIA.

“Selain untuk meningkatkan perekonomian, manfaat yang tidak kalah penting dari keberadaan KA Bandara YIA ini adalah mengurangi tingkat kemacetan yang bisa menimbulkan biaya tinggi dan pengurangan polusi udara,” jelas Zulfikri.

Jadwal KA Bandara YIA

Sementara itu, untuk jadwal perjalanan KA Bandara YIA masih sama dengan periode uji coba yakni sebanyak 8 kali perjalanan per hari.

Jadwal KA Bandara YIA terdiri dari 4 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta dan 4 perjalanan dari Bandara YIA setiap harinya.

Masyarakat dapat membeli tiket KA bandara ini melalui aplikasi KAI Access atau ke loket pembelian langsung di Stasiun Yogyakarta, Wates, dan Stasiun KA Bandara YIA.

“Dengan beroperasinya KA Bandara YIA ini, masyarakat dapat menempuh waktu lebih cepat ke Bandara YIA yaitu sekitar 40 menit dari Yogyakarta, dari waktu rata-rata 1,5 jam bila menggunakan kendaraan mobil atau moda transportasi lainnya," lanjut Zulfikri.

Antusiasme warga naik KA Bandara YIA

Operasional ini diberlakukan setelah melalui serangkaian uji coba baik statis maupun dinamis yang dilakukan oleh Ditjen Perkeretaapian, serta uji coba langsung kepada masyarakat sejak 1-16 September 2021 dengan biaya Rp 0.

Uji coba langsung oleh masyarakat ini merupakan inisiasi Direktorat Jenderal Perkeretaapian untuk menjaring antusiasme dan masukan masyarakat dalam upaya peningkatan layanan KA Bandara YIA nantinya.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan uji coba dengan masyarakat kemarin karena ternyata antusiasmenya cukup tinggi, dengan jumlah penumpang hingga tanggal 13 September mencapai 3.646 orang,” ucapnya.

“Saya berharap kedepannya masyarakat Yogya dapat terus memanfaatkan KA Bandara YIA untuk mobilitas dari dan ke bandara serta untuk kegiatan harian lainnya,” sambung Zulfikri.

Penyesuaian jadwal KA dan penerbangan

Uji coba layanan KA Bandara YIA juga dimaksudkan agar terjadi kesesuaian antara periode kedatangan dan keberangkatan pesawat dengan waktu kedatangan dan keberangkatan KA Bandara YIA.

Hal ini dilakukan supaya operasional KA Bandara lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam berganti moda.

Apalagi, sejak Yogyakarta berstatus PPKM Level 3, terjadi peningkatan jumlah penerbangan di Bandara YIA hingga sebanyak 25 kali penerbangan per hari dengan jumlah penumpang mencapai 3.500 orang per hari. Tentunya KA Bandara YIA akan membantu mobilitas masyarakat dari dan ke Bandara YIA.

Beroperasinya KA Bandara YIA sekaligus wujud komitmen Direktorat Jenderal Perkeretaapian untuk selalu hadir dalam rangka memberikan kemudahan aksesibilitas dan konektivitas antar moda, sehingga diharapkan mampu mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum, khususnya kereta api.

Sebagai informasi, KA Bandara YIA resmi diluncurkan melalui soft launching yang diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada (27/8/2021) lalu.

https://money.kompas.com/read/2021/09/16/161108526/tak-lagi-gratis-ini-tarif-ka-bandara-yia-mulai-17-september-2021

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.