Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Bitcoin Terus Merosot, Kini Sentuh Rp 590 Juta

Dikutip dari Coinmarketcap, harga bitcoin melemah tipis ke kisaran 42.167 dollar AS per keping atau sekitar Rp 598 juta. Bila dibandingkan dengan sepekan yang lalu, harga bitcoin pada perdagangan hari ini sudah anjlok hingga lebih dari 10 persen.

Dilansir dari Coindesk, ada beberapa faktor yang memengaruhi kinerja harga bitcoin sejak awal pekan yang terus melemah.

Faktor pertama yakni perilaku investor yang masih menunggu hasil pertemuan bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve, yang bakal diumumkan siang hari ini waktu setempat.

Pada pertemuan kali ini, banyak investor yang menunggu apakah The Fed bakal mulai melakukan tapering off atau mengurangi pembelian surat utang atau obligasi bank maupun perusahaan.

Selain itu, ada pula risiko dari krisis Evergrande yang telah berdampak pada pasar saham global.

Meski koreksi bitcoin sejak awal pekan ini cukup dalam, kinerja bitcoin masih cenderung lebih baik ketimbang jenis aset lain, seperti saham dan emas secara year to date.

Namun demikian, hubungan bitcoin dengan indeks saham S&P 500 kian menngkat dalam beberapa bulan terakhir, membuat aset kripto menjadi kian rentan terhadap perubahan umum yang terjadi di pasar.

"Sejujurnya, kekalahan pasar yang kami lihat mencerminkan serangkaian risiko yang lebih luas daripada hanya properti China, dan muncul setelah meningkatnya pertanyaan tentang apakah nilai saat ini masih dapat dibenarkan, dengan diskusi tentang potensi koreksi yang meningkat," ujar Strategist Deutsche Bank Jim Reid.

Seiring dengan merosotnya harga bitcoin, harga aset kripto lain pun turut mengalami koreksi.

Harga ethereum misalnya, dalam sehari telah anjlok 4,61 persen menjadi di kisaran 2.843 dollar AS per keping atau sekitar Rp 40,37 juta.

Dibanding dengan harga sepekan yang lalu, harga ethereum telah mengalami koreksi hingga lebih dari 16 persen.

Sementara itu, harga solana, mata uang kripto yang beberapa hari lalu harganya sempat meroket, terkoreksi 4,79 persen pada perdagangan hari ini menjadi di ksiaran 127,6 persen.

Bila dibandingkan dengan harga sepekan yang lalu, harga solana di perdagangan hari ini telah merosot lebih dari 18 persen.

https://money.kompas.com/read/2021/09/22/114643326/harga-bitcoin-terus-merosot-kini-sentuh-rp-590-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke