Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tidak Ingin Kepesertaan Dicabut? Begini Cara Beli Paket Pelatihan Kartu Prakerja

Kepala Komunikasi Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, gelombang 21 ini merupakan gelombang terakhir pendaftaran sesuai dengan alokasi bujet pada semester II/2021, sebesar Rp 21,2 triliun.

Adapun kuota yang disediakan pada gelombang 21 sebanyak 754.929. Pihaknya juga akan terus memantau jumlah kepesertaan yang akan dicabut mulai dari gelombang 18-21.

Kepesertaan yang dicabut disebabkan karena peserta tidak membeli pelatihan pertama dalam tenggat waktu 30 hari setelah dinyatakan lolos seleksi sebagai peserta Kartu Prakerja.

"Nanti total kepesertaan yang dicabut akan dipulihkan dalam gelombang tambahan. Kapan gelombang tambahan itu dibuka, akan ditentukan kemudian," katanya kepada wartawan lewat pesan tertulis, Kamis (23/9/2021).

Louisa memastikan, gelombang tambahan tersebut tidak akan dibuka dalam waktu dekat ini.

"Yang pasti tidak dalam waktu dekat karena peserta gelombang 21 masih memiliki 30 hari dari hari ini untuk membeli pelatihan pertama," ujarnya.

Setelah mengetahui telah lolos seleksi program Kartu Prakerja, simak langkah untuk membeli serta mengikuti pelatihannya dikutip dari sosial media resmi Prakerja.go.id:

1. Cek dashboard Prakerja untuk melihat 16 angka nomor Kartu Prakerja dan memastikan dana pelatihan sudah tersedia.

2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Kariermu, atau Tokopedia.

3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu.

4. Beli pelatihan dan bayar dengan nomor Kartu Prakerja.

5. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima pengumuman yang ada di dashboard. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut.

Perlu diingat, Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik. Jangan lupa, jaga kerahasiaan nomor Kartu Prakerja peserta yang telah lolos seleksi.

"Saat ini kami sedang mengirimkan dana pelatihan ke akun Prakerja Sobat secara bertahap. Silakan cek dashboard Sobat secara berkala ya," pesan Admin sosial media Prakerja.

https://money.kompas.com/read/2021/09/23/053900926/tidak-ingin-kepesertaan-dicabut-begini-cara-beli-paket-pelatihan-kartu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke