Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BP Jamsostek Lepas Saham KRAS, ITMG, SIMP, dan Incar AALI dan LSIP

BP Jamsostek akan melakukan aksi profit taking dengan menjual tiga saham yang menjadi portofolionya. Penjualan saham itu juga tindak lanjut rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) demi memperbaiki kinerja.

Mengingat, unrealized loss saham mencapai Rp 32,8 triliun dan reksadana mencapai Rp 8,1 triliun pada Juli 2021.

Ketiga saham yang akan dijual BP Jamsostek adalah PT Krakatau Steel Tbk (KRAS), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP). .

Direktur Pengembangan Investasi BP Jamsostek Edwin Michael Ridwan mengungkapkan, proses penjualan masih dilakukan dan belum selesai.

"Mengingat, posisi kami cukup signifikan dan saham-saham itu tidak terlalu likuid di pasar. Sehingga kami melakukan penjualan take profit. Tentu membutuhkan waktu," kata Edwin dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR, pekan lalu

Di sisi lain, BP Jamsostek melakukan average down atau membeli saham ketika harga turun agar rata-rata harga sahamnya lebih rendah. Di antaranya, saham PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT PP London Sumatera Indonesia Tbk (LSIP). Pemilihan keduanya mempertimbangkan prospek bisnis minyak sawit yang cerah ke depan.

BP Jamsostek masih nyangkut di saham PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Saham GIAA masih akan dipegang BP Jamsostek sembari menunggu pulihnya saham penerbangan.

Nah, apakah investor bisa mengikuti langkah BP Jamsostek tersebut? Melepas tiga saham dan membeli dua saham lain?

Kepala Riset Samuel Sekuritas, Suria Darma mengingatkan, BP Jamsostek tak boleh cut loss. Menurut Suria, strategi BPJS Ketenagakerjaan itu lebih karena mengurangi porsi saham. “Jadi baru bisa menambah investasi jika ada saham yang posisi untung dan dijual,” kata Suria ke Kontan.co.id, Kamis (23/9/2021).

Terkait strategi beralih ke emiten crude palm oil (CPO) menurut Suria saat ini harga saham CPO masih ketinggalan dibandingkan harga CPO. Padahal kinerja di semester I 2021 bagus sekali,” ujarnya. (Ferrika Sari)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: BP Jamsostek lepas saham KRAS, ITMG, SIMP, lalu incar AALI dan LSIP, ini kata analis

 


Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

https://money.kompas.com/read/2021/09/24/112822826/bp-jamsostek-lepas-saham-kras-itmg-simp-dan-incar-aali-dan-lsip

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke