Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub: Jalur Layang di Stasiun Manggarai Bisa Buat Perjalanan KRL Semakin Efisien

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan beroperasinya jalur layang Stasiun Manggarai bisa membuat perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek semakin efisien.

Hal ini dikatakan Budi saat meninjau jalur layang Stasiun Manggarai Jakarta, pada Minggu (26/9/2021).

"Pengoperasian pembangunan jalur layang Stasiun Manggarai diharapkan menambah efisiensi waktu perjalanan kereta komuter maupun perjalanan kereta jarak jauh,” ujar Budi dalam keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan, kehadiran jalur layang ini akan menciptakan angkutan massal perkotaan yang terintegrasi dan dapat diandalkan.

Proyek jalur layang Stasiun Manggarai ini merupakan bagian dari proyek pembangunan jalur double-double track/dwi ganda Manggarai-Cikarang yang dibangun secara terintegrasi untuk kereta komuter Jabodetabek maupun kereta api jarak jauh.

Menurut dia, saat ini wajah Stasiun Manggarai semakin menarik seperti halnya stasiun di luar negeri seperti Jepang yang bersih, modern, dan memiliki layanan yang semakin baik.

Selain itu, fasilitas Stasiun Manggarai yang memiliki dua lantai ini telah dilengkapi dengan eskalator, lift disabilitas, maupun tangga manual.

“Pada hari Senin (27/9/2021) akan menjadi waktu puncak/ peak hour perjalanan kereta komuter terutama Bogor-Jakarta.

Jumlah penumpang bisa mencapai 350.000 orang/hari terutama jalur dari Bogor menuju Jakarta Kota.

"Kami mohon agar rekan-rekan media dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat, bahwa penumpang yang transit di Manggarai bisa langsung ke lantai 2 untuk lintas Bogor-Jakarta atau sebaliknya, " kata Budi Karya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi adanya penyesuaian jalur KRL di Stasiun Manggarai.

Dimana untuk peron (tempat menunggu kereta) KRL lintas Jakarta-Depok/Bogor atau sebaliknya sudah tidak lagi di bawah tetapi pindah ke lantai 2 (dua) Stasiun Manggarai.

Ia menjelaskan, di lantai 2 terdapat beberapa jalur.

Untuk jalur nomor 10 dan 11 adalah untuk lintasan KRL yang menuju Jakarta Kota, sementara jalur nomor 12 dan 13 adalah untuk lintasan KRL menuju Depok-Bogor.

"Kami memohon kepada para penumpang komuter untuk bekerjasama menerapkan protokol kesehatan di dalam KRL. Jika sudah penuh, agar naik di waktu berikutnya karena penambahan jalur layang ini turut menambah jumlah perjalanan KRL secara signifikan,” kata Didiek.

https://money.kompas.com/read/2021/09/26/190000226/menhub--jalur-layang-di-stasiun-manggarai-bisa-buat-perjalanan-krl-semakin

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke