Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalur Layang Beroperasi, Ini Alur Naik Turun KRL di Stasiun Manggarai

JAKARTA, KOMPAS.com – Layanan naik turun KRL di Stasiun Manggarai disesuaikan seiring beroperasinya jalur layang di stasiun tersebut sejak Sabtu (25/9/2021) lalu.

Bagi pengguna KRL yang masih bingung mengenai penyesuaian jalur KRL di Stasiun Manggarai, simak ulasan berikut ini agar tak salah memilih jalur.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan, sejak Sabtu (25/9/2021) lalu telah difungsikan peron 10, 11, 12, dan 13.

Peron tersebut berada pada jalur layang (elevated track) di bangunan baru Stasiun Manggarai untuk KRL relasi Jakarta Kota-Bogor PP.

“Untuk layanan naik turun pengguna KRL Lin Central relasi Bogor/Depok-Jakarta Kota akan dilayani pada peron jalur 10 atau 11 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai,” ujar Anne Purba dalam keterangan resmi, Senin (27/9/2021).

Sedangkan pelayanan naik turun pengguna KRL Lin Sentral relasi Jakarta Kota-Bogor/Depok akan dilayani pada peron jalur 12 atau 13 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai.

Untuk berpindah kereta maupun keluar Stasiun Manggarai, para pengguna dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada yaitu eskalator, lift, maupun tangga.

“Pengguna juga kami imbau memperhatikan penanda arah yang banyak tersedia di area concourse (lantai 1) bangunan baru Stasiun Manggarai, serta mendengarkan informasi dari petugas di lokasi,” tandasnya.

Adaptasi penumpang KRL di Stasiun Manggarai

Anne Purba menyebut, penumpang KRL pada pagi ini tercatat meningkat jumlahnya dibanding Senin pekan lalu pada periode waktu yang sama.

“Namun pengguna dapat tertib mengikuti penyekatan dan protokol kesehatan di stasiun maupun KRL. Para pengguna juga mulai beradaptasi dengan penyesuaian layanan di Stasiun Manggarai,” jelasnyya.

Hingga pukul 08.00 WIB, KAI Commuter mencatat pengguna KRL sejumlah 108.462 penumpang atau bertambah sekitar 3 persen dibanding pekan lalu di waktu yang sama.

Adapun stasiun yang mengalami kenaikan pengguna antara lain Stasiun Bogor (8.775 penumpang, naik 5 persen), Stasiun Bekasi (5.846 penumpang, naik 15 persen), dan Stasiun Parungpanjang (4.348 penumpang, naik 5 persen).

Vaksinasi di stasiun dan pembatasan KRL

Sementara itu program vaksinasi di stasiun terus dilanjutkan. Hari ini vaksinasi digelar di Stasiun Cikarang dengan vaksin Sinovac dosis pertama.

Pengguna KRL atau masyarakat umum yang ingin vaksin wajib mendaftarkan terlebih dahulu melalui https://vaksinasi.krl.co.id/daftar.

Sejalan dengan itu, KAI Commuter tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Petugas di lapangan akan melakukan penyekatan jika kondisi di stasiun maupun di dalam KRL sudah sesuai kuota.

“Agar terhindar dari potensi antrean, pengguna dapat melihat informasi kepadatan di stasiun melalui aplikasi KRL Access atau menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk,” serunya.

https://money.kompas.com/read/2021/09/27/115405326/jalur-layang-beroperasi-ini-alur-naik-turun-krl-di-stasiun-manggarai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke