Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut Minta Kepala Daerah Hadirkan Produk dan Layanan Premium

Menurutnya, ini merupakan bagian untuk mendorongBagi gairah di sektor pariwisata di Indonesia serta membangkitkan perekonomian para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) selama pandemi Covid-19.

"Saya juga berpesan kepada seluruh kepala daerah, mari dukung masyarakat kita untuk mampu menghadirkan layanan sekaligus menghadirkan produk premium di daerah kita masing-masing. Kuasai dan manfaatkan teknologi yang ada untuk menguasai pasar dan saya sangat percaya pada usaha kecil menengah ini dan itu merupakan tulang punggung ekonomi kita," kata dia secara virtual, Senin (27/9/2021).

Di sisi lain, lanjut Luhut, pemerintah terus perkuat industri pariwisata dan ekonomi kreatif, salah satunya melalui program PEN. 

"Stimulus BBI berupa voucher diskon bagi pelaku usaha kreatif di bidang fesyen, kriya dan kuliner dan stimulus bagi pelaku kreatif perfilman Tanah Air. Inilah bentuk perjuangan kita saat ini. Mari kita lakukan ini semua dengan ikhlas, dengan satu padu, dengan bekerja sama dan kita semua bekerja secara terintegrasi, holistik dan berbuahlah sesuatu yang bermanfaat buat negeri yang kita cintai ini," tuturnya.

Pemerintah berencana akan melakukan uji coba pembukaan 20 tempat wisata di wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 wilayah Jawa dan Bali. Uji coba wisata ini termaktub juga di dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2021.

Tentu saja ketika pembukaan wisata yang dimulai, pemerintah meminta agar menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi serta terus melakukan protokol kesehatan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pada 24 September 2021, menggelar rapat terbatas bersama beberapa stakeholder pariwisata Bali di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali.

Rapat ini dihelat membahas pembukaan dan penerimaan kembali kunjungan wisatawan mancanegara ke Pulau Dewata. Sandiaga menjelaskan, penerapan protokol kesehatan dan integrasi aplikasi PeduliLindungi harus disiapkan di berbagai destinasi.

Hal ini dinilai penting sebagai upaya untuk menekan transmisi lokal seminimal mungkin dan penguatan kapasitas respons (testing, tracing, treatment).

"Terakhir adalah penyiapan paket-paket wisata adaptasi. Paket wisata adaptasi yang berkaitan dengan perluasan green zone yang akan dipersiapkan oleh temen-temen industri," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2021/09/27/145831726/luhut-minta-kepala-daerah-hadirkan-produk-dan-layanan-premium

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke