Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Assessment Adalah Sistem Penilaian Kinerja, Simak Penjelasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi mereka yang berkutat dengan seleksi maupun ujian, assessment adalah istilah yang tentu sudah tak asing lagi. Dalam Bahasa Indonesia, assessment artinya kerap disamakan dengan penilaian. Apa itu assessment?

Dikutip dari laman Key Differences, assessment adalah proses menilai seseorang atau sesuatu. Ada dua pihak dalam assessment yakni penilai dan mereka yang dinilai.

Penilai dalam assessment adalah biasa disebut dengan assesor. Mereka bertugas melakukan penilaian atas kinerja seseorang berdasarkan standar yang sudah ditetapkan.

Assessment ini banyak dipakai dalam berbagai bidang. Di bidang pendidikan, fungsi assessment adalah guna mengukur kemampuan peserta didik.

Sementara di bidang pekerjaan, assessment adalah berfungsi sebagai penilai kinerja dari karyawan yang nantinya bisa dijadikan tolak ukur untuk berbagai hal seperti promosi jabatan dan sebagainya.

Assessment adalah berbeda dengan evaluasi

Istilah assessment adalah sangat berkaitan dengan istilah evaluasi. Assessment berbeda dengan evaluasi, evaluasi artinya membuat penilaian untuk menentukan sejauh mana tujuan sudah tercapai untuk kemudian dicari kekurangannya hingga solusi permasalahannya.

Berikut beberapa perbedaan antara assessment dan evaluasi:

https://money.kompas.com/read/2021/09/27/203112226/assessment-adalah-sistem-penilaian-kinerja-simak-penjelasannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke