Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani Sebut Presidensi G20 Ciptakan Peluang Besar bagi Indonesia

Bendahara negara ini mengungkapkan, melalui pertemuan tersebut, Indonesia memiliki andil dalam menentukan keputusan global yang memberikan solusi atas tantangan dunia.

Apalagi saat menjadi tuan rumah, cara kerja negara dalam menghadapi tantangan seperti pandemi Covid-19 akan dilihat oleh dunia.

"Sebagai tuan rumah, kita akan dilihat seperti apa Indonesia dalam menghadapi tantangan pembangunan, negara seperti apa, ekonomi seperti apa, kita akan memang akan terus dilihat," kata Sri Mulyani dalam sambutannya ketika melantik pejabat di lingkungan Kemenkeu, Selasa (28/9/2021).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut, Indonesia harus menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu mengatasi tantangan global.

Namun yang lebih penting, pemerintah juga harus menunjukkan kepada rakyat dan masyarakat pada umumnya bahwa pemerintah bekerja luar biasa serius mengatasi tantangan sosial ekonomi.

"Kita harap pertemuan ini tidak hanya sekadar menjadi sebuah pertemuan, tapi sebuah ajang pertemuan para pemimpin global dalam membahas tantangan dunia yang bisa memberikan solusi nyata," tuturnya.

Sebagai informasi, pertemuan G20 akan membahas waktu yang tepat untuk menormalisasi kebijakan fiskal yang digelontorkan semua negara di dunia saat pandemi Covid-19. Topik tersebut adalah salah satu dari tujuh topik dalam track keuangan (finance track).

Selain penentuan waktu normalisasi kebijakan, presidensi G20 juga akan membahas persetujuan prinsip perpajakan global (global taxaxion principle).

Beberapa isu pajak yang dibahas, antara lain insentif pajak, digitalisasi pajak, praktek-praktek penghindaran pajak (tax avoidance) terutama yang berkaitan dengan BEPS, dan transparansi pajak.

https://money.kompas.com/read/2021/09/28/185212226/sri-mulyani-sebut-presidensi-g20-ciptakan-peluang-besar-bagi-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke