Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut Pastikan Proyek Tol Cisumdawu dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Segera Rampung

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau titik pembangunan Tol Cisumdawu, Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan pembuatan mobil listrik di Jawa Barat.

Pada lokasi pertama, Luhut mengunjungi Interchange (IC) Cileunyi dan longsoran Sinarmulya untuk memastikan pembangunan Tol Cisumdawu terus berjalan lancar.

Jalan tol ini melewati Cileunyi, Jatinangor, Rancakalong, Sumedang, Cimalaka, Legok, Ujung Jaya, dan titik akhir di Dawuan.

Total ruas panjang tol ini mencapai 61,71 kilometer (km) dan segera dirampungkan. Penanganan lereng Dusun Bojongtotor Desa Sirnamulya juga telah dilakukan untuk mendukung kesiapan jalan tol.

"Harapan kita proyek ini akan segera selesai dan tersambung dari Cileunyi sampai Dawuan di akhir tahun 2021, dari dimulai pada tahun 2011 lalu," kata Luhut dalam tinjauan tersebut, dikutip dalam siaran pers, Jumat (1/10/2021).

Luhut yang didampingi Menteri PUPR, Menteri Perhubungan, dan Wakil Menteri BUMN kemudian mengunjungi lokasi Casting Yard 2 yang memproduksi girder, dilanjutkan dengan kunjungan ke DK43 THK proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Saat ini, progres proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dioperatori oleh PT Kereta Cepat Indonesia-China atau KCIC telah mencapai 78,98 persen per tanggal 24 September 2021.

Secara kategori, pengerjaan jembatan mencapai 78,25 persen, subgrade works 72,42 persen, dan pengerjaan terowongan telah mencapai 95,22 persen.

"Progres secara keseluruhan sangat baik, saya apresiasi hal itu, beberapa kendala teknis yang perlu diperhatikan, jangan sampai merugikan rakyat sekitar," kata dia.

Usai dari kedua tempat itu, dirinya menyambangi PT SGMW (Wuling Motor Indonesia) di Karawang, Jawa Barat.

Tujuan peninjauan ini adalah untuk mengetahui perkembangan produksi mobil listrik.

Pabrik yang telah diresmikan sejak tahun 2017 tersebut telah memproduksi berbagai jenis mobil dan kini merambah pasar mobil listrik yang ramah lingkungan.

"Kalau bisa dipasarkan secepatnya akhir 2022, agar masyarakat bisa beralih ke mobil listrik lebih cepat," harap Luhut.

https://money.kompas.com/read/2021/10/01/053006026/luhut-pastikan-proyek-tol-cisumdawu-dan-kereta-cepat-jakarta-bandung-segera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke