Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Ula, Start Up Indonesia yang Disuntik Modal Oleh Jeff Bezos

Dikutip dari TechCrunch, Senin (4/10/2021), start up berusia 1,5 tahun tersebut memang telah banyak merayu investor terkenal dan mengumpulkan investasi lebih dari 30 juta dollar AS.

Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta itu saat ini sedang dalam tahap pembicaraan lanjutan untuk menyelesaikan putaran pendanaan baru dengan target lebih dari 80 juta dollar AS.

Beberapa investor eksistingnya, antara lain B Capital Group, Sequoia Capital India, Lightspeed Venture Partners, dan Quona Capital.

Lalu sebenarnya apa itu Ula? Apa yang menyebabkan Ula disuntik modal oleh Jeff Bezos?

Ula didirikan oleh Nipun Nehra (mantan petinggi Flipkart di India), Alan Wong yang sebelumnya bekerja di Amazon, Derry Sakti, dan Riky Tenggara yang sebelumnya bekerja di Lazada pada Januari 2020 lalu.

Perusahaan ini berupaya untuk mengorganisir proses distribusi dan rantai pasok untuk UMKM atau peritel kecil.

Pada dasarnya, Ula mengoperasikan sebuah e-commerce grosir untuk membantu pemilik toko menyimpan inventaris yang mereka butuhkan, serta memberi modal kerja.

"Sama seperti India, pasar ritel di Indonesia sangat tidak tertata. Misalnya di kategori pangan dan sayuran, banyak petani yang menjualnya ke agen, sebelum kemudian dijual ke pasar. Dari pasar ini, kemudian disalurkan ke pedagang kecil, dan seterusnya. Terdapat banyak pemain di rantai pasoknya," ujar Mehra dilansir dari Techcrunch.

Berdasarkan laman perusahaan disebutkan, Ula saat ini memiliki 70.000 toko yang terdaftar dalam jaringan mereka.

Adapun ketertarikan Bezos pada startup Ula muncul saat Amazon hingga saat ini diketahui belum masuk ke sebagian besar negara di Asia Tenggara.

Menurut sumber, Jeff Bezos telah setuju berinvestasi di Ula melalui kantor keluarganya, Ekspedisi Bezos. Namun dia meminta tak disebutkan namanya (anonim) karena masalah ini bersifat pribadi.

Sementara B Capital Group, Tencent, dan Prosus Ventures memposisikan diri untuk memimpin putaran investasi baru ini, yang bisa ditutup secepatnya bulan ini.

https://money.kompas.com/read/2021/10/04/214959626/profil-ula-start-up-indonesia-yang-disuntik-modal-oleh-jeff-bezos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke