Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir Pastikan Kesiapan Bandara Ngurah Rai Layani Penerbangan Internasional

Hal itu dilakukan Erick dengan melakukan pertemuan bersama Gubernur Bali Wayan Koster di Denpasar, Bali pada Selasa (5/10/2021) kemarin.

"Kami akan memaksimalkan perusahaan BUMN yang terkait dengan pembukaan penerbangan internasional ini agar niat baik untuk membangkitkan Bali berjalan maksimal," ujarnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (6/10/2021).

Kesiapan perusahaan pelat merah yang dimaksud Erick, diantaranya kesiapan dan kewaspadaan Angkasa Pura sebagai pengelola bandara, dan penambahan akses penerbangan ke Bali melalui Garuda Indonesia atau Citilik. Termasuk pula kesiapan fasilitas penunjang lainnya di Bali.

"Serta kami menyiapkan fasilitas kesehatan di Bali yang melibatkan BUMN holding rumah sakit dan juga farmasi," kata Erick.

Menurutnya, meski pembukaan penerbangan internasional dipenuhi rasa antusiasme dan optimistis tinggi, namun kesiapan dan kewaspadaan tetap menjadi perhatian utama.

Terlebih dalam hal kesiapan infrastruktur, prosedur kesehatan, dan keselamatan.

"Sebab meski pandemi Covid-19 sudah jauh menurun, tapi tidak ada jaminan 100 persen terproteksi," ungkap dia.

Oleh karena itu, lanjutnya, kesiapan dan kewaspadaan Bandara Internasional Ngurah Rai sebagai akses utama para wisatawan harus benar-benar terjaga dan ditingkatkan.

Hal itu agar dalam kondisi yang tidak ada jaminan penuh terproteksi dari Covid-19, para turis dan masyarakat tetap menomorsatukan kedisplinan dengan selalu menggunakan masker dan menjaga kesehatan.

Menurutnya, pariwisata Bali harus kembali bangkit dari pandemi, yang sekaligus sebagai salah satu indikator bahwa Indonesia secara perlahan tapi pasti, sudah mulai bersiap bangkit dari pandemi.

"Kementerian BUMN terus mendukung kebangkitan pariwisata Bali. Baik dalam waktu dekat, terkait rencana pembukaan rute penerbangan internasional, dan juga di masa mendatang dengan rencana kami membangun KEK Kesehatan di Sanur," ujar Erick.

https://money.kompas.com/read/2021/10/06/101700426/erick-thohir-pastikan-kesiapan-bandara-ngurah-rai-layani-penerbangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke