Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertamina International Shipping Akuisisi Saham PT Peteka Karya Tirta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina International Shipping (PIS) mengakuisisi saham PT Peteka Karya Tirta. Pengambilalihan saham ini menyebabkan PIS menjadi pemegang saham mayoritas atau memiliki pengendalian langsung pada PT Peteka Karya Tirta.

Direktur Utama Pertamina International Shipping Erry Widiastono mengatakan, pengambilalihan saham PT Peteka Karya Tirta oleh PIS merupakan suatu langkah positif dan dukungan terhadap adanya restrukturisasi dan transformasi menjadi subholding integrated marine & logistics.

"Hal ini membuat PIS memiliki keleluasaan untuk mengelola aset oleh Pertamina” ujar Erry dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/10/2021).

Erry menambahkan, pada kuartal III 2021 ini PIS telah menorehkan beberapa pencapaian dari sisi kinerja operasional kapal. Hal tersebut tidak terlepas dari beberapa upaya strategis yang dilakukan seperti perubahan mindset, perubahan prosedur dan cara kerja, optimalisasi support system serta continuous improvement dalam memberikan nilai tambah Kapal Milik dengan menerapkan Best Practice dalam Ship Management dan mekanisme Benchmarking dengan external Ship Management.

Sedangkan, untuk mengoptimalisasikan pengelolaan 6 terminal strategis, Management PIS akan secara rutin melakukan kunjungan kerja ke 6 terminal tersebut untuk memastikan proyek strategis berjalan sesuai rencana dan memberikan masukan perbaikan dalam kegiatan operasional di lapangan sebagai bentuk pengawasan dan pendampingan oleh management perusahaan.

"Dengan adanya kegiatan pengambilalihan saham ini PIS telah memiliki perencanaan untuk pengelolaan dan pengembangan bisnis pengembangan bisnis yang terintegrasi bagi perusahaan ke depan melalui optimalisasi pengelolaan bisnis di multi sektor baik transportasi, logistik, dan storage membuat PIS terus berkembang dengan meningkatkan kehandalan sarana dan fasilitas serta aspek managerial untuk dapat melayani subholding lainnya dari hulu sampai ke hilir juga pasar non Pertamina termasuk pasar regional," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menambahkan, pengambilalihan saham PT Peteka Karya Tirta oleh PIS merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan value perusahaan yang sudah bertransfromasi menjadi subholding integrated marine & logistics.

"Saya berharap PIS dapat meningkatkan profitability perusahaan melalui pengoptimalisasian kinerja, baik dari segi kinerja operasional kapal maupun pengelolaan 6 terminal strategis” kata Nicke.

https://money.kompas.com/read/2021/10/07/190000726/pertamina-international-shipping-akuisisi-saham-pt-peteka-karya-tirta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke