Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kementerian BUMN Dapat Nilai Sistem Merit Tertinggi, Ini Komentar Erick Thohir

Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) mencatat dari total 34 kementerian, terdapat 13 kementerian yang dinilai sangat baik. Sementara, hanya dua diantaranya yang berhasil memperoleh nilai Sistem Merit tertinggi, yaitu Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan.

"Tentu ini membangun optimisme kami, bahwa transformasi yang kami lakukan di Kementerian BUMN ini berjalan dengan baik," ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Jumat (8/10/2021).

Erick mengatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan dan pembenahan, terutama pada para perusahaan pelat merah. Sehingga pada 2020, BUMN tetap mampu memberikan kontribusi kepada negara mencapai Rp 375 triliun di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Kami mengawasi dan membenahi korporasi, sehingga di 2020 kinerjanya pada saat Covid-19 tetap bisa memberikan kontribusi Rp 375 triliun kepada negara," imbuh dia.

Ia mengatakan, capaian positif yang didapat dari KASN tak lantas membuat pihaknya menjadi terlena, namun sebaliknya semakin memacu Kementerian BUMN untuk bisa mempertahankan nilai terbaik itu.

Erick pun berharap para jajaran Kementerian BUMN ke depannya bisa terus menjiwai core value AKHLAK yaitu amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

"Ini tentu menggembirakan bagi kami, tapi bukan membuat kami terlena, justru memacu kami untuk mempertahankannya dan biasanya mempertahankan itu lebih sulit," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan, capaian nilai Sistem Merit tertinggi yang didapat Kementerian BUMN, harus menjadi role model bagi kementerian lainnya, termasuk pula bagi instansi-instansi di daerah. Sehingga bisa menghasilkan ASN yang memang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Kami berharap dengan sistem yang dibangun melalui Sistem Merit akan mampu menghasilkan para ASN yang profesional, mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan mensejahterakan bagi bangsa ini," kata Agus.

https://money.kompas.com/read/2021/10/08/143430026/kementerian-bumn-dapat-nilai-sistem-merit-tertinggi-ini-komentar-erick-thohir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke