Salin Artikel

Obligor BLBI Tak Hadiri Panggilan Satgas, Kuasa Hukum Suyanto Gondokusumo Sebut Kliennya Lupa Ingatan

Kuasa hukum Suyanto, Jamaslin James Purba, mengeklaim, ketidakhadiran Suyanto dalam panggilan lanjutan disebabkan oleh kondisi kesehatan, yaitu depresi berat dan lupa ingatan.

"Kondisi kesehatan yang dimaksud adalah keadaan depresi berat (severe depression) dan gejala gangguan kognitif berupa lupa ingatan (loss memory) yang semakin memburuk," kata Jamaslin dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/10/2021).

Jamaslin menjelaskan, kondisi kesehatan Suyanto juga tertera dalam Surat Keterangan yang disampaikan pada tanggal 27 September 2021 oleh Konsultan Psikiater Senior, Dr. Ken Ung Eng Khean pada Klinik Psikiatri Adam Road Medical Centre.

Klinik ini beralamat di 559 Bukit Timah Road, #01-02 King’s Arcade, Singapore 269695. Saat ini pun, Suyanto tengah menjalani pengobatan harian di bawah pengawasan klinik tersebut di Singapura.

"Menurut surat keterangan ini, Bapak Suyanto Gondokusumo telah dinyatakan tidak sehat secara mental untuk dapat menghadiri agenda pertemuan," ucap Jamaslin.

Sebagai informasi, sejatinya Satgas BLBI kembali memanggil Suyanto Gondokusumo pada Jumat (8/10/2021) untuk menghadiri agenda Tindak Lanjut Penyelesaian Hak Tagih Negara Dana BLBI (PKPS Bank Dharmala).

Suyanto seharusnya hadir pada pukul 10.00 - 12.00 WIB ke ruang Satgas BLBI di Gedung Syafrudin Prawiranegara, Kementerian Keuangan. Besaran utang yang ditagih kepada Suyanto senilai Rp 904,4 miliar.

Satgas memang bersikeras meminta Suyanto hadir sendiri tanpa diwakili kuasa hukum, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kalau tidak memungkinkan hadir secara fisik karena masalah kesehatan, pemerintah akan melakukan panggilan video (video conference) melalui platform Zoom dari Singapura.

"Kalaupun tidak mungkin secara fisik karena masalah kesehatan, kemungkinan akan difasilitasi melalui Zoom di KBRI (Singapura). Itu tadi usulan dari Satgas," ucap Jamaslin saat ditemui di Gedung Syafrudin Prawiranegara, beberapa minggu lalu.

https://money.kompas.com/read/2021/10/09/100700426/obligor-blbi-tak-hadiri-panggilan-satgas-kuasa-hukum-suyanto-gondokusumo-sebut

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.