Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melawat ke Jerman, Bahlil Bujuk Bos VW Bangun Pabrik Sel Baterai di Indonesia

Dalam pertemuan itu, Bahlil berupaya membujuk bos VW agar membangun pabrik sel baterai untuk kendaraan listrik di Indonesia yang tengah digencarkan oleh pemerintah.

"Di hari ke dua kunjungan kerja ke Jerman, saya melakukan pertemuan dengan Volkswagen AG (VW) pada Jumat pagi waktu setempat. Saya berusaha meyakinkan VW untuk membuat prekursor katoda baterai kendaraan listrik di Indonesia. Sebagai bagian dari supply chain bahan baku pabrik baterai dan kendaraan listrik mereka di seluruh dunia," katanya dikutip dari akun resmi Instagram Bahlil, Senin (11/10/2021).

Bahlil meyakinkan Thomas bahwa pemerintah akan memudahkan para investor asing ketika berinvestasi di Tanah Air.

"Pemerintah telah berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dari hulu ke hilir. Kami pun di Kementerian Investasi siap untuk mendukung dan memfasilitasi penyediaan bahan baku melalui kerja sama dengan pengusaha lokal dan UMKM di Indonesia," sambung Bahlil.

Tidak hanya berfokus pada kendaraan listrik, sebelum bertemu bos VW, Bahlil melakukan pertemuan dengan B Braun. Perusahaan yang bergerak di bidang perangkat medis dan farmasi. Perusahaan tersebut telah berinvestasi di Indonesia sejak 2019, dengan nilai investasi 80 juta euro.

Ada wacana, B Braun ingin memperluas investasinya di kawasan Asia Pasifik, termasuk di Indonesia. Dari sinyal tersebut, dirinya mulai mencoba mendekati perusahaan tersebut.

"Perusahaan yang memiliki fasilitas dan kantor di banyak negara ini menyampaikan bahwa saat ini akan fokus di Asia-Pasifik khususnya di Indonesia. Inilah yang harus kita kejar, dukungan insentif juga dapat diberikan kepada B Braun sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar rencana perluasan investasi di Indonesia dapat berjalan dengan cepat," ujarnya.

"BASF berminat mengembangkan investasinya di bidang industri smelter nikel dan kobalt yang merupakan bahan baku baterai listrik," ucap dia.

Selain itu dirinya juga menyambangi SEW EuroDrive, produsen teknologi penggerak. Bahlil pun berupaya merayu perusahaan tersebut berinvestasi ke RI dengan iming-iming memudahkan perizinan serta memfasilitasi lokasi pembangunan.

https://money.kompas.com/read/2021/10/11/073421326/melawat-ke-jerman-bahlil-bujuk-bos-vw-bangun-pabrik-sel-baterai-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke