Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persamaan Dasar Akuntansi: Definisi, Fungsi, Rumus Dasarnya

KOMPAS.com - Persamaan akuntansi atau persamaan dasar akuntansi diperlukan dalam pencatatan transaksi keungan. Rumusan persamaan dasar akuntansi adalah harta sama dengan penjumlahan utang plus modal (harta = utang + modal).

Secara sederhana, rumus persamaan dasar akuntansi adalah bagaimana pencatatan dilakukan dengan memerhatikan keseimbangan (balance) antara sisi debit dan kredit.  

Persamaan dasar akuntansi bisa memberikan gambaran lebih detail tentang jumlah aset perusahaan, utang, dan modal perusahaan dalam periode akuntansi tertentu. 

Selain itu, persamaan dasar akuntansi juga digunakan untuk melakukan pembukuan sederhana oleh perusahaan. Persamaan dasar akuntansi merupakan suatu konsep dasar yang harus dikenal oleh para ahli ekonomi atau calon akuntan. 

Dikutip dari American Institute of Certified Public Accountants, akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisarian dengan beberapa cara tertentu.

Pencatatan diukur dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian umum yang bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil dan meringkas dengan cara ukuran fiskal.

Pencatatan akuntansi adalah sangat vital bagi keberlangsungan perusahaan. Dari catatan akuntansi, maka bisa diketahui apakah perusahaan menghasilkan untung atau tidak.

Akuntansi adalah mencatat secara detail arus kas, nilai aset, jumlah kewajiban atau utang, besaran modal, dan keuntungan atau kerugian yang didapat.

Prinsip persamaan dasar akuntansi adalah secara matematis menghubungkan antara harta perusahaan dengan hutang serta modal. Bagian harta atau aset perusahaan termasuk dalam bagian aktiva, sedangkan hutang dan modal masuk dalam bagian Pasiva.

Rumus persamaan dasar akuntansi

Rumus persamaan dasar akuntansi adalah harga sama dengan utang plus modal, berikut rumusnya:

Harta (Aktiva) = Hutang + Modal (Pasiva)

Dalam rumus persamaan dasar akuntansi, semakin besar hutang pada sisi pasiva, akan menyebabkan ketidakseimbangan pada sisi aktiva. 

Jika terjadi suatu transaksi yang tidak transparan atau tidak dilaporkan, nantinya juga akan terlihat dengan penghitungan prinsip persamaan dasar akuntansi tersebut.

Manfaat persamaan dasar akuntansi

Dikutip dari laman Gramedia.com, persamaan dasar akuntansi adalah tentu saja dibuat perhitungannya bukan tanpa alasan. 

Tentu saja ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh oleh pihak akuntan ataupun perusahaan dari tabel persamaan dasar akuntansi ini. Berikut berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari tabel persamaan akuntansi :

https://money.kompas.com/read/2021/10/14/153820626/persamaan-dasar-akuntansi-definisi-fungsi-rumus-dasarnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke