Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kunci Pertahankan Bisnis, ILO: Perhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organization/ILO) mengatakan, keselamatan di tempat kerja menjadi kunci penting untuk menciptakan ketahanan bisnis dalam jangka panjang.

Direktur ILO untuk Indonesia dan Timor Leste, Michiko Miyamoto mengatakan, keselamatan kerja ini mampu menunjang kesinambungan bisnis.

Maka itu, pelaku bisnis bisa mengambil langkah aktif untuk membangun sistem kerja yang lebih aman sebagai bentuk adaptasi di masa pandemi Covid-19.

"Pelaku usaha dan pemerintah memiliki peranan penting (untuk membangun sistem kerja yang aman). Tidak hanya menjawab krisis, tapi juga membuat landasan perbaikan di masa yang akan datang khususnya mengenai kesehatan dan keselamatan kerja," kata Michiko Miyamoto dalam siaran pers, Jumat (15/10/2021).

Michiko menyebutkan, perusahaan harus bisa melakukan identifikasi dan menetapkan pedoman keselamatan dan kesehatan, salah satunya terkait pencegahan Covid-19 di tempat kerja sesuai standar nasional dan praktik baik internasional.

Sementara pemerintah harus lebih mampu menilai dan memantau izin-izin bisnis berbasis risiko sesuai pelaksanaan PP No 5 Tahun 2021

"Kemampuan untuk menilai risiko bagi perusahaan penting untuk menavigasi strategi bisnis, terutama dalam masa pandemi ini," beber Michiko.

Sependapat, dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Teguh Dartanto menjelaskan, kesehatan dan keselamatan pekerja menjadi kunci dari produktivitas di masa depan.

Dia berharap, ada komitmen kuat dari pelaku bisnis hingga tenaga kerja untuk mengikuti protokol kesehatan dan keselamatan kerja.

"Kalau misalnya selama pandemi ini tenaga kerja merasa tidak aman dan tidak sehat untuk WFO, atau untuk pergi ke tempat kerja, ini bisa mempengaruhi mood, bisa mempengaruhi juga produktivitas dan inovasi-inovasi," ungkap Teguh.

Teguh menilai, pemerintah pusat maupun daerah perlu membentuk suatu pedoman terkait dengan kesehatan dan keselamatan kerja selama pandemi.

Pedoman ini harus didukung dengan sosialisasi masif.

"Jadi koordinasi akan selalu perlu dilakukan untuk terus dievaluasi dan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada," pungkas dia.

https://money.kompas.com/read/2021/10/15/115232326/kunci-pertahankan-bisnis-ilo-perhatikan-kesehatan-dan-keselamatan-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke