Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mentan Klaim Stok Jagung Aman

Kegiatan ini merupakan panen raya musim tanam 2 yang masuk kedalam program gerakan tanam jagung panen sapi (TJPS). Adapun luas lahan yang akan di panen ini kurang lebih mencapai 891 hektar yang tersebar di 12 kecamatan.

"Yang jelas, pemerintah menargetkan 17,02 juta ton pipilan kering yang tersebar di 4,2 juta hektar. Karena itu produksinya harus terus digenjot untuk memenuhi kebutuhannya bahan utama pakan ternak," ujar Mentan dalam siaran resminya, dikutip Kompas.com, Senin (18/10/2021).

Mentan memperkirakan kebutuhan jagung pada tahun 2021 mencapai 14,37 juta ton yang dibagi untuk kebutuhan rumah tangga, industri pakan, industri pangan, dan benih. Sehingga, pada akhir Desember mendatang, Indonesia masih bisa surplus sebesar 2,86 juta ton pipilan kering.

"Provinsi NTT sendiri memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan jagung. Kabupaten Kupang sebagai salah satu sentra yang mendukung ketersediaan jagung. Seperti kita lihat sekarang di desa Baumata hamparannya mencapai 150 hektare dengan provitas mencapai 5,5 ton perhektare," papar Mentan.

Produksi Jagung

Sesuai perintah Presiden, Mentan menjanjikan produksi jagung akan terus bertambah setiap tahunya. Dia juga mengklaim bahwa stok dan ketersediaan komoditas tersebut dalam kondisi aman.

"Kami akan terus menggenjot produksi jagung khususnya untuk mencukupi kebutuhan pakan ternak secara nasional. Maka dari itu saya minta agar semua pihak termasuk perusahaan pakan untuk melakukan penyerapan jagung dari petani lokal secara maksimal," kata Mentan.

Mentan juga meminta para petani terus berproduksi, meski dalam prosesnya kerap kali mendapatkan kendala. Salah satunya adalah serangan hama serangga.

Karena itu, Mentan berharap para petani mampu mengatasi setiap persoalan yang dihadapi.

"Di mana saja ada komoditi yang ditumbuhkan, maka disitulah ada belalang. Dan ini mejadi bagian-bagian yang harus kita buktikan dan kita tidak boleh kalah. Dari pada kita takut sama belalang kan akhirnya tidak bisa berbuat apa-apa juga," kata dia.

Sementara itu Bupati Kupang, Corinus Masneno menyampaikan terimakasih atas perhatian besar jajaran Kementan terhadap pembangunan Pertanian di wilayah kerjanya.

https://money.kompas.com/read/2021/10/18/150600626/mentan-klaim-stok-jagung-aman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke