Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesan Jokowi ke Santri: Orientasi Bukan Lagi Cari Kerja, Tapi Ciptakan Lapangan Kerja

Jokowi mengungkapkan, orientasi para santri seharusnya tidak lagi mencari kerja usai lulus dari pondok pesantren. Dia ingin para santri justru menjadi wirausaha dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

"Kita harus mendorong munculnya lebih banyak entrepreneur, wirausaha, dari kalangan santri dan lulusan pondok pesantren. Orientasi santri seharusnya bukan lagi mencari pekerjaan, tapi sudah menciptakan kesempatan kerja bagi banyak orang. Menebar manfaat seluas-luasnya bagi umat," kata Jokowi dalam Peluncuran Logo MES, Jumat.

Jokowi mengungkapkan, para santri yang akan menjadi wirausaha ini berperan penting dalam perkembangan ekonomi syariah di Tanah Air. Para santri mampu menjadi lokomotif ekonomi syariah yang menyentuh umat secara langsung.

Menurut Jokowi, pondok pesantren, madrasah, maupun pendidikan tinggi agama islam memiliki peran yang sangat strategis dalam membentuk jiwa entrepreneurship para santri.

"Pendidikan lulusan yang inovatif. Mencetak lulusan yang mampu bersaing di pasar kerja dan menjadi wirausahawan sosial yang sukses," jelas Jokowi.

Terkait modal usaha, pemerintah menyiapkan berbagai skema pembiayaan, mulai dari KUR, Mekaar, dan bank wakaf mikro. Pembiayaan ini merupakan pelengkap dan sarana percepatan inklusi keuangan yang bisa diakses oleh para santri.

Untuk itu dia berharap para santri dapat memanfaatkan skema dan program yang sudah disediakan pemerintah.

"Saya berharap, pesantren dan para santri dapat memanfaatkan berbagai program pembiayaan ini dengan baik sehingga pesantren dan para santri dapat semakin berperan dalam memperkuat ekonomi umat," tutup Jokowi.

https://money.kompas.com/read/2021/10/22/113045026/pesan-jokowi-ke-santri-orientasi-bukan-lagi-cari-kerja-tapi-ciptakan-lapangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke