Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa yang Dimaksud dengan Iklan?

KOMPAS.com - Dalam strategi pemasaran, iklan adalah kunci. Iklan dengan mudah ditemui di berbagai media massa seperti televisi, radio, media online, hingga koran. Apa yang dimaksud dengan iklan, apa fungsi iklan, dan jenis iklan?

Apa yang dimaksud dengan iklan?

Iklan adalah konten yang berisi informasi yang dibuat semenarik mungkin, untuk membuat konsumen tertarik membeli ataupun menggunakan jasa yang ditawarkan di dalamnya. 

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa yang dimaksud dengan iklan yakni berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Sementara menurut The Economic Times, apa yang dimaksud dengan iklan yakni pesan yang dibayar oleh pihak yang mengirimkan iklan dan dimaksudkan untuk menginformasikan atau mempengaruhi publik.

Iklan adalah metode yang sudah terbukti berhasil menjangkau calon konsumen atau pembeli. Dengan membuat iklan yang menarik, maka semakin besar dampaknya. 

Efek langsung dari iklan yakni peningkatan penjualan, atau setidaknya produk bisa dikenal luas oleh masyarakat. 

Semakin berkembangnya teknologi, maka iklan pun semakin berkembang luas. Salah satu iklan yang kini mulai banyak memanfaatkan media sosial. 

Apa fungsi iklan?

Ada banyak fungsi iklan. Berikut ini beberapa fungsi dari iklan?

1. Membujuk

Fungsi dari iklan adalah untuk membujuk masyarakat untuk membeli atau memakai jasa produk yang diiklankan. 

2. Memberi informasi

Iklan sangat berguna untuk memberikan informasi terkait produk atau jasa yang dijual seperti fitur hingga keunggulannya, sehingga membuat orang ingin mencobanya.

3. Mengingatkan

Seringkali, beberapa produk yang sudah dikenal luas pun tetap rajin beriklan. Iklan di sini juga berfungsi untuk mengingatkan masyarakat dan menjaga penjualan tetap tinggi.

4. Memberikan nilai tambah

Iklan bisa memberikan nilai tambah bagi merek dengan mempengaruhi pandangan konsumen. Iklan yang efektif dapat memengaruhi konsumen untuk melihat produk tersebut menjadi lebih elegan, modis, bergengsi, dan lebih unggul dari produk pesaing.

Jenis iklan

1. Iklan komersial

Sesuai namanya, komersial iklan adalah bertujuan untuk mempromosikan agar orang membeli produk atau memakai jasa yang diiklankan.

2. Iklan non-komersial

Sementara iklan non-komersial adalah iklan yang memang ditujukan hanya untuk memberikan informasi, edukasi, imbauan, dan sosialisasi program. Iklan non-komersial ini biasanya dibuat oleh lembaga pemerintah.

Iklan non-komersial lainnya adalah iklan untuk tujuan tertentu. Contoh iklan ini adalah iklan bantahan, iklan pembelaan, iklan lelang, dan sebagainya.

https://money.kompas.com/read/2021/10/28/131759726/apa-yang-dimaksud-dengan-iklan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke