Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 5 Tantangan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi Menurut Gubernur BI

Namun demikian, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, perekonomian nasional akan kembali menghadapi lima tantangan utama pasca pandemi Covid-19.

Ia menjabarkan, tantangan yang akan dihadapi perekonomian Indonesia ialah pemulihan ekonomi global yang tidak merata, pememaran (scaring effect) terhadap stabilitas sistem keuangan.

Selain itu, perekonomian nasional akan dihadapi akselerasi ekonomi dan keuangan digital yang semakin cepat, kebutuhan inklusi ekonomi, dan keuangan yang semakin nyata serta dorongan untuk implementasi ekonomi dan keuangan hijau.

"Untuk menjawab tantangan tersebut, terdapat enam respon kebijakan yang dilakukan," kata Perry, dalam keterangannya, Jumat (29/10/2021).

Perry yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) menyebutkan, langkah pertama yang dilakukan ialah sinergi bauran kebijakan nasional untuk pemulihan ekonomi antara pemerintah, Bank Indonesia, OJK, LPS.

"Antara lain melalui sinergi pembukaan sektor ekonomi, pemulihan korporasi dan pembiayaan perbankan bagi dunia usaha," katanya.

Kemudian seluruh instrumen bauran kebijakan bank sentral diarahkan untukk mendukung pemulihan ekonomi nasional, berkoordinasi erat dengan pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan.

Langkah ketiga, digitalisasi sistem pembayaran untuk integrasi ekonomi dan keuangan digital untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi, antara lain implementasi QRIS, elektronifikasi, BI Fast, dan regulatory reform.

Keempat, implementasi reformasi structural sebagai strategi percepatan transisi menuju negara maju, baik dari sisi kualitas sumber daya manusia, produktivitas serta pembangunan infrastruktur.

"Kelima, mendorong inklusi ekonomi dan keuangan melalui pemberdayaan ekonomi dan UMKM, serta keenam, kebijakan keuangan hijau untuk sustainabilitas sebagai upaya untuk memitigasi risiko sistemik akibat perubahan iklim," ucap Perry.

https://money.kompas.com/read/2021/10/29/201100926/ini-5-tantangan-ekonomi-indonesia-pasca-pandemi-menurut-gubernur-bi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke