Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Ratu Belanda Puji Gojek di Forum KTT G20

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Maxima dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia.

“Salah satu dari banyak contoh inspiratif yang saya lihat adalah di Indonesia. Namanya Gojek,” kata Maxima, dikutip dari www.unsgsa.org, Selasa (2/11/2021).

Maxima menyebutkan, Gojek merupakan salah satu contoh perusahaan berbasis aplikasi yang berperan aktif mendukung pengembangan UMKM melalui transformasi digital.

“Gojek adalah aplikasi transportasi online yang menggunakan ekosistem digitalnya untuk membantu usaha kecil mendigitalkan manajemen inventaris, pemasaran, pembayaran, kredit, dan penjualan mereka,” tutur dia.

“Sekarang, tiba-tiba, UKM ini terhubung ke dunia yang lebih besar,” tambahnya.

Lebih lanjut Maxima menjelaskan, saat ini banyak dari UKM ini yang membuat lompatan ke depan dan memperluas bisnis di luar kehadiran fisik mereka.

Lompatan tersebut dinilai membutuhkan akses luas ke barang publik digital dan pengembangan keterampilan digital.

“Ini membawa saya ke area tindakan kedua yaitu investasi dalam keterampilan dan kemampuan,” katanya.

Akses keuangan sebut Maxima, merupakan salah satu kendala yang paling sering dihadapi UKM untuk mengembangkan bisnis mereka.

Menurut dia, UKM membutuhkan berbagai layanan keuangan seperti pembayaran, ekuitas, utang jangka pendek dan panjang, tabungan dan asuransi, terutama untuk perusahaan baru dan perusahaan dengan prospek pertumbuhan besar.

“Kita harus membantu mereka berkembang dengan merangkul digitalisasi, berinvestasi dalam keterampilan, dan meningkatkan ekonomi keuangan,” ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2021/11/02/080600626/saat-ratu-belanda-puji-gojek-di-forum-ktt-g20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke