Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Ajak AS Tingkatkan Investasi di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya memperkuat kerja sama ekonomi Indonesia-AS.

“Dalam pertemuan tadi, Presiden mengharapkan AS dapat meningkatkan investasinya di Indonesia, dan harus punya kesiapan menjadi bagian dari rantai pasok produk utama, misalnya untuk material bagi kendaraan ramah lingkungan atau mobil listrik,” ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Penguatan kerja sama ekonomi Indonesia-AS terutama terkait potensi pengembangan ekonomi hijau. Hal ini seiring dengan langkah pemulihan ekonomi nasional dan penguatan iklim investasi melalui reformasi struktural dan UU Cipta Kerja.

Sementara itu, delegasi Indonesia telah menyampaikan apresiasi atas bantuan Pemerintah AS dalam penanganan Covid-19, berupa pengiriman vaksin, alat-alat ventilator serta obat-obatan therapeutic.

Airlangga mengungkapkan bahwa Indonesia-AS sepakat berkomitmen dalam pengurangan emisi karbon melalui komitmen Nationally Determined Contribution (NDC).

Pemerintah menyebut Indonesia merupakan salah satu negara terdepan dalam penanganan kebakaran hutan, penurunan tingkat deforestasi dan restorasi hutan bakau.

“Langkah dan komitmen Indonesia sebagaimana yang dirangkum dalam NDC juga menyasar sektor energi, dan sektor terkait lainnya. Kedua Presiden sepakat meningkatkan kerja sama yang lebih erat, terutama dalam masa Presidensi G20 Indonesia yang mendorong kerja sama digital, transisi energi dan keuangan inklusif, terutama bagi UMKM dan kelompok rentan lainnya,” papar Menko Airlangga.

Selain dengan Joe Biden, Presiden Jokowi juga menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson, PM Slovenia, PM Palestina, serta beberapa petinggi perusahaan seperti Amazon dan Microsoft.

https://money.kompas.com/read/2021/11/03/084011826/jokowi-ajak-as-tingkatkan-investasi-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke