Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Langkah RI untuk Pangkas Emisi Karbon

"Indonesia siap untuk menurunkan angka emisi hingga 41 persen bahkan 50 persen jika seluruh dunia dapat memberikan dukungan yang kuat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (4/11/2021).

Komitmen ini ditunjukkan melalui berbagai program seperti rehabilitasi lahan mangrove dan gambut, penguatan ketahanan pesisir, pengendalian pencemaran laut, dan restorasi terumbu karang.

Strategi jangka panjang untuk rendah karbon dan ketahanan iklim Indonesia menjadi panduan bersama untuk mencapai target Net Zero Emission juga telah diadopsi dan diratifikasi.

Indonesia, kata Luhut, juga tengah menyiapkan Folu Net Sink (Penyerapan Bersih) karbon 2030, dan tengah mengambil langkah untuk menurunkan emisi karbon dari deforestasi dan degradasi fungsi hutan. Dengan komitmen ini, Indonesia akan mencapai targetnya pada tahun 2060 mendatang.

"Pasar kini akan bergerak menuju bisnis yang sustainable. Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani kesepakatan tentang harga karbon, demi mendukung pemenuhan target NDC Indonesia," kata dia.

Indonesia juga terus mengupayakan sumber pendanaan internasional melalui pertemuan bilateral, regional, dan multilateral.

AS dan Inggris juga akan mendukung Indonesia melalui dana konsesi. Luhut bilang, pertemuan ini juga telah membuka jalan bagi pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang sebentar lagi akan diselenggarakan di Bali dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya.

https://money.kompas.com/read/2021/11/04/104000126/ini-langkah-ri-untuk-pangkas-emisi-karbon-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke